Kompas.com - 30/03/2019, 16:35 WIB

KOMPAS.com - Keberadaan mereka begitu menakutkan bagi dunia. Karena itu, pemerintah menawarkan hadiah uang dalam jumlah besar untuk menangkap atau mengetahui lokasi persembunyian mereka.

Diberitakan dari berbagai sumber, berikut merupakan lima teroris yang kepalanya dihargai dengan uang hadiah (bounty) tinggi.

1. Ayman al-Zawahiri, Pemimpin Al Qaeda (Rp 355 Miliar)
Zawahiri adalah seorang ahli bedah asal Kairo, Mesir, yang kemudian berubah menjadi salah satu teroris yang paling dicari di dunia.

Mendirikan kelompok ekstremis Islamic Jihad di Mesir, dia kemudian menjadi penasihat Osama bin Laden dan membentuk Al Qaeda pada 1988.

Dia disebut terlibat dalam peristiwa pengeboman Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Dar Es Salaam (Tanzania) dan Nairobi (Kenya) pada 1998.

Baca juga: Militer AS Bunuh Anggota Al Qaeda yang Dalangi Pengeboman USS Cole

Saat ini, dia dikabarkan memegang tampuk kepemimpinan Al Qaeda setelah Bin Laden tewas dalam serangan pasukan khusus AS di Abbottabad, Pakistan, pada 2 Mei 2011.

Biro Penyelidik Federal (FBI) kemudian menawarkan hadiah senilai 25 juta dollar AS, sekitar Rp 355,3 miliar, bagi siapapun yang bisa menemukannya.

Pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi diduga tewas atau luka parah dalam serang udara AS Jumat (7/11/2014) malam.AP Pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi diduga tewas atau luka parah dalam serang udara AS Jumat (7/11/2014) malam.
2. Abu Bakar al-Baghdadi, Pemimpin ISIS (Rp 355 Miliar)
Pendiri sekaligus pemimpin ISIS. Abu Bakar al-Baghdadi dihargai juga dihargai 25 juta dollar AS, atau Rp 355,3 miliar, sama seperti Zawahiri.

Lahir dengan nama Ibrahim Awal al-Badri pada 1971, Baghdadi membentuk kelompok pemberontak tatkala AS menginvasi Irak pada 2003.

Baca juga: ISIS Dinyatakan Kalah, ke Mana Perginya Pemimpin Mereka?

Setelah itu membentuk Negara Islam Irak (ISI), dan sempat bergabung dengan Al Qaeda sebelum menghimpun kekuatan dan melepaskan diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.