NASA Jadwalkan "Spacewalk" Pertama yang Semuanya Dilakukan Perempuan

Kompas.com - 07/03/2019, 18:31 WIB
Ilustrasi spacewalkShutterstock Ilustrasi spacewalk

KOMPAS.com – Badan Luar Angkasa Amerika Serikat atau NASA mengkonfirmasi bahwa mereka telah menjadwalkan spacewalk untuk dua astronot perempuan, Anne Mc Clain dan Christina Hammock Koch.

Ini untuk kali pertama spacewalk dilakukan oleh seluruh awak perempuan.

Spacewalk adalah aktivitas di luar angkasa yang memungkinkan para astronot untuk keluar dari pesawat atau stasiun luar angkasa, dan berjalan mengambang di ruang hampa udara.

Misi luar angkasa spacewalk sebelumnya selalu melibatkan astronot laki-laki. Ini benar-benar baru kali pertama kedua astronot yang akan pergi adalah perempuan.

Dikutip dari VOA, juru bicara NASA menyebutkan bahwa spacewalk yang hanya diikuti astronot wanita ini akan diberangkatkan pada 29 Maret mendatang.

"Seperti yang sudah dijadwalkan, spacewalk yang hanya diikuti dua astronot perempuan akan diberangkatkan pada 29 Maret," ujarnya.

Baca juga: Astronot Ini Tak Sengaja Telepon 911 Saat di Luar Angkasa

Astronot perempuan Anne McClain yang menjadi pemimpin dalam penerbangan ke luar angkasa pertama  NASA yang hanya diikuti 2 astronot wanita.Shutterstock Astronot perempuan Anne McClain yang menjadi pemimpin dalam penerbangan ke luar angkasa pertama NASA yang hanya diikuti 2 astronot wanita.

Dalam misi ini nantinya, Anne McClain akan berperan sebagai pemimpin dalam misi ini, sementara Koch akan ikut bersamanya.

Bagi Anne dan Christina, ini  akan menjadi pengalaman spacewalk keduanya selama Ekspedisi 59 yang dimulai sejak Maret 2014.

Christina merupakan anggota ekspedisi ini. Sementara Anne merupakan salah satu dari tiga kru stasiun luar angkasa internasional atau International Space Station (ISS).

Untuk membantu Anne dan Christina saat ada di luar angkasa nanti, ada seorang perempuan lagi yang akan membantu dari Johnson Space Center di Houston, Texas. Dia adalah seorang angkasawan Kanada yang akan memegang kontrol kendali, bernama Kristen Facciol.

Perannya diharapkan dapat mendukung keberlangsungan tujuh jam spacewalk yang dilakukan Anne dan Christina.

Menurut NASA, perjalanan luar angkasa ini dilakukan untuk beberapa tujuan seperti perbaikan dan  pengujian peralatan, juga melakukan beberapa percobaan.




Close Ads X