Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronot Ini Tak Sengaja Telepon 911 Saat di Luar Angkasa

Kompas.com - 03/01/2019, 12:17 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Seorang astronot asal Belanda menceritakan kisah lucu ketika dia tak sengaja menekan layanan darurat Amerika Serikat (AS) 911 saat di luar angkasa.

Andre Kuipers mengungkapkan, saat itu dia berusaha untuk berkomunikasi dengan John Space Center Badan Antariksa AS (NASA) di Houston.

Baca juga: Begini Cara Astronot Rayakan Natal di Luar Angkasa

Dilansir Newsweek Rabu (2/1/2019), Kuipers menjelaskan untuk bica menghubungi Houston, dia harus menekan angka 9 untuk panggilan dari luar angkasa.

Setelah itu diikuti 011 yang merupakan panggilan internasional. Kesulitan yang dihadapi Kuipers adalah, dia harus melakukannya sambil terapung-apung.

Karena itu, astronot berusia 60 tahun tersebut menekan tombol 911. "Saya membuat kesalahan. Besoknya, saya menerima pesan surel 'anda menghubungi 911?'," kisah Kuipers.

Perangkat komunikasi Kuipers tak ayal langsung mengeluarkan sistem peringatan kepada Houston, di mana staf darurat mengecek stasius mana yang menghubungi Bumi.

"Saya sedikit kecewa karena mereka tidak segera muncul," kelakar astronot yang sudah menyelesaikan dua misi dengan total durasi 203 hari itu.

Kuipers melanjutkan, astronot yang sedang berada di stasiun luar angkasa bisa menelepon menggunakan bantuan satelit setidaknya sebanyak 70 persen.

Tentu, ada tantangan yang harus dihadapi ketika tengah menelepon dengan keluarga maupun teman-temannya yang ada di Bumi.

Antara lain karena jeda yang lama, sering keluarga maupun sahabat yang dia hubungi bakal menutup telepon karena mengira dia tidak berbicara.

"Karena itu untuk menyiasatinya, saya bakal langsung berbicara segera setelah terdengar nada sambung," terang Kuipers kembali.

Baca juga: Habiskan 197 Hari di Luar Angkasa, Astronot Ini Harus Belajar Berjalan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com