Kompas.com - 02/03/2019, 18:41 WIB

HANOI, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menunaikan kunjungannya ke Vietnam pada Sabtu waktu setempat (2/3/2019).

Sebelum bertolak menuju Pyongyang dengan menempuh 4.000 km via kereta, Kim menyambangi mausoleum mendiang pahlawan kemerdekaan Vietnam Ho Chi Minh.

Dilansir AFP, di depan makam pemimpin revolusi itu, pemimpin ketiga Korut tersebut memberikan penghormatan dengan membungkukkan kepala.

Baca juga: Menjaga Pertemuan Trump - Kim Jong Un Sangat Melelahkan

Dia menaruh karangan bunga berpita bertuliskan "Menghargai Kenangan Presiden Ho Chi Minh" dan membungkukkan kepala selama 48 detik.

Sikap Kim itu dilaporkan AFP tak biasa selain fakta dia memutuskan untuk berhenti di mausoleum pemimpin yang meninggal pada 2 September 1969 itu.

Di setiap peringatan Korut yang bersejarah, Kim selalu membungkuk di depan dua pendahulunya, sang kakek Kim Il Sung dan Kim Jong Il, di istana peringatan.

Kantor berita KCNA menyebut sikap itu merupakan "bentuk penghormatan yang paling rendah hati" dari pemimpin 35 tahun tersebut.

Namun, tidak dilaporkan dia melakukan langkah serupa dengan pemimpin negara lain. Antara lain ketika dia berkunjung ke China.

Kim sudah mengunjungi negara yang menjadi pelindung diplomatik sekaligus mitra dagang utama Korut tersebut sebanyak empat kali.

Namun, tidak ada laporan dari kantor berita resmi Korut bahwa dia mengunjungi mausoleum mendiang Mau Zedong yang berlokasi di Beijing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.