Kompas.com - 20/02/2019, 09:30 WIB

PROKOPYEVSK, KOMPAS.com - Sejumlah kota di Siberia, Rusia, diselimuti salju putih yang kemudian berubah menjadi warna hitam mengerikan.

Laporan Daily Mail, Selasa (19/2/2019), salju hitam di kota Prokopyevsk, Leninsk-Kuznetsky, dan Kiselyovsk disebabkan oleh polusi dari pabrik batu bara di kawasan industri Kemerovo.

Banyak penduduk yang mengeluhkan atas fenomena tersebut. Tapi ada juga yang menyebutknya sebagai keindahan dalam kesuraman.

Baca juga: Membeku Setelah Terkubur di Salju, Kucing Ini Berhasil Selamat

Salju hitam menutupi jalanan, patung-patung, dan bahkan monumen, sehingga membuatnya nampak kotor.

Mobil-mobil juga terlihat tertutup debu, namun banyak yang lebih khawatir dengan kesehatan paru-paru.

Kemerevo memang terkenal sebagai wilayah penambangan batu bara yang terkemuka di Rusia. Di sisi lain, tempat itu juga rumah bagi lereng ski terbaik Siberia.

Kini, jaksa berupaya untuk memeriksa kemungkinan penuntutan pidana terhadap dampak polusi kepada industri terkait.

Media lokal di Rusia menyalahkan pabrik pemrosesan batu bara setempat dan mobil-mobil yang diparkir penuh dengan kotoran berwarna hitam dan tebal.

Siberian Times mewartakan, Wakil Gubernur Kemerovo Andrei Panov menyatakan akan bertemu dengan para ahli lingkungan setempat untuk membahas fenomena tersebut.

Di media sosial, penduduk menuding kurangnya perlindungan lingkungan jangka panjang terhadap wilayah yang mengelola batu bara.

Baca juga: Tiga Polisi Diselamatkan dari Timbunan Salju Longsor di India

"Tidak ada sistem pembersihan, pembuangan, debu, kotoran, dan batu bara. Anak-anak dan kita semua bernapas, tapi itu hanya jadi mimpi buruk," tulis seorang warganet.

"Pemerintah melarang merokok di tempat publik. tapi mari kita hirup debu batu bara bersama-sama dan biarkan itu masuk ke paru-paru," tulis netizen lainnya.

"Masa depan anak-anak kita mengerikan," tulis yang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.