Presenter TV Ini Mengaku Tak Mencuci Tangan Selama 10 Tahun

Kompas.com - 12/02/2019, 07:28 WIB
Pete Hegseth, presenter acara Fox News.via Sky News Pete Hegseth, presenter acara Fox News.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang pemandu acara di Amerika Serikat (AS) melontarkan pengakuan tak biasa terkait dengan kesehatan.

Pemandu acara Fox News Pete Hegseth ketika membawakan Fox and Friends mengaku selama ini dia tidak pernah mencuci tangannya.

Dilansir Sky News dan BBC Senin (11/2/2019), kebiasaan tidak cuci tangan itu telah dilakoni Hegseth selama 10 tahun terakhir.

Baca juga: Mengapa Kita Wajib Mencuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet?


Pengakuan itu muncul setelah dua koleganya, Ed Henry dan Jedediah Bila, mengejek Hegseth dengan berkata dia pernah memakan pizza kadaluarsa.

"Pizza Hut bakal bertahan lama," ujar Hegseth membela diri seraya berkata, dia memilih tidak cuci tangan karena kuman tak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Dia mengklaim kesehatannya meningkat sejak memutuskan berhenti mencuci tangan karena itu merupakan cara untuk "menyuntik" dirinya sendiri.

Hegseth menuturkan dia melontarkan ucapan itu setelah melakukan resolusi di 2019 ini. "Saya akan mengungkapkan rahasia yang selama ini tak diketahui publik," ulasnya.

Segera setelah pengakuan itu muncul, pemandu acara berusia 38 tahun itu mendapat beragam komentar. Salah satunya dari pengacara keamanan nasional Bradley P Moss.

"Saya membayangkan apakah Hegseth bakal baik-baik saja jika dia datang ke restoran, dan staf yang tak mencuci tangan menyiapkan makanannya?" ujar Moss di Twitter.

Namun, ada juga netizen yang membela Hegseth seperti akun bernama Smittymhs yang mengaku sudah bertahun-tahun dia tidak flu.

Dia menegaskan tubuh harus mendapat kuman supaya bisa mempunyai cara untuk melawannya. "Terlalu banyak germofobia saat ini," ungkapnya.

Adapun kepada USA Today, Hegseth menjelaskan komentarnya itu hanya bermaksud bercanda, dan merupakan bentuk sorotan atas perilaku hidup bersih masyarakat.

Dia berujar masyarakat banyak membawa cairan pembersih tangan, dan mencuci tangannya setidaknya 19.000 kali supaya tetap sehat.

Baca juga: Ini Waktu Penting Mencuci Tangan Saat Puasa

"Saya juga merawat diri, hal-hal seperti itu. Namun, saya rasa tak berlebihan dalam melakukannya," kata presenter asal Minnesota tersebut.

Berdasarkan Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit AS, manusia perlu cuci tangan untuk menghindarkan diri dari kuman hingga penyakit.

Dalam bukunya The Art of the Comeback, Presiden AS Donald Trump mengungkapkan bagaimana dia merupakan maniak dalam urusan cuci tangan.

Sebab dalam pandangannya, salah satu "kutukan" peradaban AS adalah berjabat tangan. Apalagi jika sosok itu sangat terkenal dan sukses.

"Saya merasa jauh lebih baik setelah mencuci tangan saya. Cukup sering saya melakukannya," kata presiden 72 tahun dalam bukunya 1997 silam itu.

Badan Kesehatan Inggris (NHS) menuturkan, manusia harus mencuci tangan setidaknya selama 20 detik. Atau setara menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun.

Baca juga: Di Sumedang, Iriana Jokowi Ajari Pelajar Cuci Tangan yang Benar



Close Ads X