Kompas.com - 07/02/2019, 20:07 WIB

KOMPAS.com - Ratu Eleanor atau lebih dikenal sebagai Eleanor dari Aquitaine berjuluk perempuan paling kuat di Eropa abad ke-12.

Julukan tersebut merujuk pada pesonanya yang berhasil menikahi dua raja di Eropa, tentu saja secara terpisah. Awalnya, dia menikah dengan Raja Perancis Louis VII.

Setelah bercerai, dia dipinang oleh Raja Inggris Henry II. Selanjutnya, Elenaor merupakan ibu dari dua raja yang berkuasa di Inggris. Eleanor juga menjadi salah satu perempuan terkaya pada abad pertengahan.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Bob Marley, Sang Rasta Pelantun Reggae

Meski demikian, dia dikenal sebagai figur yang mempromosikan budaya sopan santun dan penasihat militer yang cerdas untuk putra-putranya.

Kehidupan awal

Eleanor dari Aquitaine merupakan anak dari Duke of Aquitaine, William X, dan Aenor de Chatellerault. Aquitane adalah salah satu wilayah terbesar di Perancis.

Tidak diketahui pasti tentang tahun dan tempat kelahirannya. Namun ada yang berspekulasi bahwa dia dilahirkan pada 1122 atau 1124 di Poitiers, Bordeaux, atau Nieul-sur-l'Autise.

Seperti anak dari keluarga bangsawan lainnya, dia menerima pendidikan dan gadis muda yang terlatih.

Eleanor unggul dalam bidang studi, keterampilan domestik, permainan, dan kegiatan lainnya. Dia juga mahir dalam musik, sastra, berkuda, dan berburu.

Tragedi menimpa keluarganya ketika sang ibu dan adik laki-lakinya meninggal dunia pada musim semi 1130.

Dengan begitu, dia menjadi pewaris sah tertua di wilayah kekuasaan ayahnya, diikuti oleh adik perempuannya, Aelith.

Eleanor menikah dengan Raja Louis VII pada 1137. (Britannica) Eleanor menikah dengan Raja Louis VII pada 1137. (Britannica)
Setelah kematian William pada 1137, dia mewarisi wilayah kadipaten yang dikuasai ayahnya dan resmi menjadi Duchess of Aquitane.

Ratu Perancis

Pemerintahannya masih terletak di bawah Raja Louis VI, yang memiliki hak hukum atas wilayah kekuasaan Eleanor.

Berniat ingin mengambil kendali penuh atas seorang duke atau duchess, Raja Louis VI segera mengatur penikahan antara putranya dengan Eleanor.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Charles Pretty Boy Floyd, Gangster Paling Dicari FBI

Pada Juli 1137, dia menikah dengan pewaris takhta Perancis, Louis VI. Keduanya kemudian menyandang gelar sebagai Duke dan Duchess of Aquitaine.

Kematian Raja Louis VI membuat Pangeran Louis dan Eleanor diurapi dan dimahkotai sebagai Raja dan Ratu Perancis pada 25 Desember 1137.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.