Kompas.com - 17/12/2018, 11:32 WIB

ST PETERSBURG, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengisyaratkan bakal mengatur penampilan para artis musik populer, terutama penyanyi rap.

Putin mengatakan perlunya dibuat aturan untuk mengendalikan para musisi yang sedang tenar di kalangan anak muda Rusia. Namun Putin menolak menyebut akan adanya pelarangan.

"Jika tidak mungkin untuk dihentikan, maka kita harus menuntun dan mengarahkannya," kata Putin.

Dalam pertemuan yang dilangsungkan di St Petersburg, Sabtu (15/12/2018), dengan para penasihat kebudayaan, Putin mengatakan upaya pelarangan hanya akan menimbulkan dampak buruk dan meningkatkan popularitas para artis.

Putin memusatkan perhatian dari aturan tersebut pada musik rap, yang dikatakannya memiliki tiga pilar utama, yakni seks, narkoba, dan protes.

Putin pun menekankan pada salah satu pilar tersebut yang dianggapnya paling berbahaya, yaitu narkoba.

Baca juga: Vladimir Putin Pernah Punya ID Card Dinas Rahasia Jerman Timur

"Ini adalah jalan menuju degradasi bangsa. Propaganda narkoba lebih buruk dari mengutuk," kata Putin.

Komentar Putin itu maraknya tindakan penangkapan musisi, pelarangan dan pembubaran konser musik di Rusia, membangkitkan ingatan akan sensor kesenian yang diberlakukan pada era Soviet.

Bulan lalu, seorang musisi rap yang dikenal dengan nama Husky, digiring pihak kepolisian saat hendak naik ke atas panggung untuk tampil di sebuah pertunjukan di Krasnodar, pada 21 November lalu.

Saat hendak dibawa oleh polisi, dia naik ke atas mobil dan berteriak "Saya akan menyanyikan musik saya, musik yang paling jujur!" sambil dikelilingi para penggemarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.