Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Perang Akan Terus Berlanjut Selama Pemerintah Ukraina Kini Masih Berkuasa

Kompas.com - 02/12/2018, 10:24 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, konflik di timur Ukraina tidak akan berakhir selama pemerintahan Kiev saat ini masih berkuasa.

Dilansir dari AFP, Putin dengan tegas menyatakan, otoritas Ukraina saat ini tidak memiliki kepentingan dalam menyelesaikan konflik, terutama dengan cara damai.

"Selama mereka masih berkuasa, perang akan terus berlanjut," kata Putin, yang mengacu pada pemerintahan Presiden Petro Poroshenko yang kini berkuasa di Ukraina.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Rusia itu dalam kesempatan konferensi pers di akhir KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, pada Sabtu (1/12/2018).

Baca juga: Putin Tuduh Presiden Ukraina Provokasi demi Popularitas Jelang Pemilu

Konflik yang melibatkan kelompok separatis Rusia dengan pasukan pemerintah Ukraina telah berlangsung sejak empat tahun lalu dan diperkirakan telah menewaskan hingga lebih dari 10.000 jiwa, dengan sepertiga di antaranya adalah warga sipil.

Perang tersebut telah memicu ketegangan dalam hubungan Rusia dengan negara-negara Barat, yang menyalahkan Putin atas konflik pada 2014, saat pasukannya mencaplok Crimea dan menjadi wilayah bagi kelompok separatis dalam merebut kota-kota di timur Ukraina.

Perang telah membebani perekonomian Ukraina karena harus mengeluarkan anggaran untuk militer dan diperparah hilangnya industri vital di wilayah separatis.

Sementara, Kiev hanya dapat menerima setengah dari pinjaman Dana Moneter Interasional (IMF) karena lambatnya reformasi di Ukraina, termasuk langkah-langkah anti-korupsi.

"Selalu lebih mudah untuk menyalahkan kegagalan ekonomi kepada peperangan. Mereka yang berada di luar pihak penyerang akan selalu dianggap bersalah," kata Putin mengkritik situasi perekonomian Ukraina.

Ketegangan antara Moskwa dengan Kiev kembali meningkat dalam beberapa hari terakhir usai insiden penembakan dan penyitaan kapal Angkatan Laut Ukraina oleh tentara Rusia karena dianggap melanggar wilayah Crimea.

Baca juga: Presiden Ukraina: Putin Ingin Kekaisaran Rusia Bangkit Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com