Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Mengaku Pernah Nyaris Dikepung Beruang Saat di Alam Liar

Kompas.com - 11/12/2018, 14:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin membagi kisah pengalamannya saat bertemu dengan beruang di hutan belantara Siberia.

Presiden berusia 66 tahun itu mengaku nyaris dikepung oleh beruang ketika berada di alam liar.

Dilansir dari Russian Times, Putin menyampaikan kisahnya itu saat dirinya menghadiri acara tahunan Penghargaan Perhimpunan Geografis Rusia, pada Jumat (7/12/2018) pekan lalu.

Putin memuji hasil karya para ahli geografi, naturalis, dan para penjelajah yang berurusan dengan alam liar sebagai bagian dari pekerjaan mereka.

"Saya pernah pergi ke tempat-tempat itu dan melihat beruang di sana sini. Ketika beruang-beruang itu bergerak mendekati kami, kami pun memutuskan untuk segera menyingkir," kata Putin.

Baca juga: Isi Waktu Luang, Putin Pilih Naik Gunung dan Menyusuri Sungai

"Tapi orang-orang ini hidup di sana, tepat di sebelah mereka, bahkan sampai tujuh bulan," tambah Putin menyampaikan kekagumannya terhadap para penjelajah alam itu.

Dia menggambarkan hasil karya ahli geografi sebagai hal yang menarik dan mengatakan bahwa untuk membuatnya tidak cukup dengan dedikasi namun juga keberanian.

"Hal itu memungkinkan kita untuk memahami diri kita dan ke mana kita pergi. Itu juga memungkinkan kita untuk menjadi lebih kuat dari dalam."

"Hal itu menjadi sangat penting dan merupakan salah satu elemen dari identitas nasional kita," kata Putin.

Meski telah berusia lebih dari 60 tahun, Putin dikenal sebagai sosok pria yang tangguh dan tak jarang menjalani kegiatan yang ekstrem.

Awal Januari lalu, menjalani ritual tahunan jelang peringatan pembaptisan Yesus, Putin berendam ke dalam air danau dengan suhu minus 5 derajat Celcius.

Pada Agustus lalu, media di Rusia menyiarkan kegiatan presiden yang mengisi waktu luangnya saat liburan dengan berjalan menaiki gunung dan menyusuri sungai di kawasan Siberia dengan ditemani menteri pertahanan dan kepala dinas intelijen (FSB).

Baca juga: Di Suhu Minus 5 Derajat Celcius, Presiden Putin Ceburkan Diri ke Danau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com