Vladimir Putin Hadir dalam Edisi Terbaru Komik Superman - Kompas.com

Vladimir Putin Hadir dalam Edisi Terbaru Komik Superman

Kompas.com - 07/12/2018, 18:40 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato dalam forum investasi tahunan di Moskwa, Rabu (28/11/2018).AFP / PAVEL GOLOVKIN Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato dalam forum investasi tahunan di Moskwa, Rabu (28/11/2018).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Dalam berbagai edisi komik Superman kerap muncul karakter-karakter tamu yang mengejutkan. Kali ini, DC Comics menampilkan  Presiden Rusia Vladimir Putin dalam edisi terbaru komiks Superman.

Dalam Doomsday Clock yang merupakan edisi terbatas ini membawa nuansa gelap dan karakter dari Watchmen karya Alan Moore ke dunia Batman dan Superman.

Dalam edisi ini beberapa isu yang dikaitkan dengan Rusia muncul, misalnya sosok seorang anak yang orangtuanya tewas akibat serangan senjata kimia Presiden Bashar al-Assad, boneka Rusia.

Baca juga: Putin Ancam Bakal Kembangkan Rudal Nuklir yang Dilarang Perjanjian INF

Komik ini juga menampilkan karakter yang amat mirip dengan Putin untuk menunjukkan bagaimana ketegangan antara AS dan Rusia memuncak hingga menjadi baku tembak.

Setelah pahlawan super AS Firestorm secara tak sengaja mengubah kerumunan warga sipil Rusia menjadi gelas, Putin menjadi amat murka.

Digambarkan muncul di depan Kremlin, dikelilingi puluhan tank dan ratusan tentara, Putin menyatakan dia tak lagi mentolerir kebohongan Amerika.

Putin juga digambarkan berniat membalas dendam karena yakin Firestorm bekerja untuk pemerintah AS.

Lalu masuklah Superman. Sebagai sosok yang digambarkan amat dihormati di Rusia dan AS, Superman menjelaskan insiden yang melibatkan Firestorm adalah kesalahpahaman.

Firestorm, kata Superman, tidak berniat mengubah warga sipil Rusia menjadi gelas dan Superman bisa mengembalikan wujud warga sipil Rusia itu dengan kekuatannya.

Saat Forestorm muncul demham seorang anak Rusia yang dihidupkannya kembali, tentara Rusia yang sudah bersiaga langsung menembaki Firestorm.

Dan, tank-tank Rusia bergerak menuju warga negara mereka yang masih dalam kondisi membeku. Saat itulah Superman turun tangan menyelamatkan sang  bocah dan Vladimir Putin.

Baca juga: Presiden Venezuela Menuju Rusia untuk Rapat Penting dengan Putin

Sosok Putin dalam komik ini digambarkan sebagai orang yang amat rasional dan mau mendengar penjelasan Superman sebelum melakukan kekerasan.

Sementara itu, penggambaran Putin di media "mainstream" di AS amat berbeda karena selalu diidentikkan dengan sosok yang siap bermain kasar dan mengendalikan banyak orang di dunia termasuk Presiden AS Donald Trump.


Terkini Lainnya


Close Ads X