Kompas.com - 21/11/2018, 13:49 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengejek komentar Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Dalam kicauannya di Twitter, Zarif menyoroti paragraf pertama keterangan resmi Trump yang dipublikasikan oleh Gedung Putih.

Baca juga: Terungkap, Begini Percakapan Jamal Khashoggi Sebelum Dibunuh

Dalam pernyataannya, Trump menegaskan pembunuhan Jamal Khashoggi tidak akan mengganggu hubungan bilateral antara AS dan Saudi.

Setelah membuka dengan kalimat "dunia adalah tempat yang berbahaya", Trump memberikan contoh Iran sebagai negara yang mendukung terorisme.

Iran, kata Trump, mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, mengganggu penegakan demokrasi Irak, maupun membantu kelompok Hezbollah di Lebanon.

"Iran juga membunuh banyak warga AS dan orang tak bersalah lainnya di Timur Tengah dan mengampanyekan slogan seperti 'Matilah Amerika!'," kata Trump.

Diwartakan AFP pada Rabu (21/11/2018), Zarif menyindir Trump dengan berkata dia telah mencurahkan paragraf itu untuk menuduh Iran dengan segala hal yang bisa dia pikirkan.

"Mungkin kami juga bertanggung jawab atas kebakaran hutan di California karena kami tak melakukan pengerukan," ejek Zarif.

Dia merujuk kepada kritikan Trump atas kebakaran hutan yang terjadi pekan lalu dan menewaskan 77 orang itu karena manajemen hutan tak melaksanakan pengerukan.

Presiden ke-45 dalam sejarah AS itu memilih untuk mempertahankan relasi karena beberapa alasan. Salah satunya adalah investasi 450 miliar dollar AS atau sekitar Rp 6.568 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.