Kompas.com - 21/11/2018, 10:48 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Media Turki, Haberturk, merilis percakapan jurnalis Arab Saudi sebelum dia dibunuh di konsulat Istanbul, Turki, pada 2 Oktober.

Dilaporkan Hurriyet pada Selasa (20/11/2018), kolumnis Haberturk Cetiner Cetin memublikasikan rekaman tersebut berdasarkan keterangan sumber penyelidik Turki.

Baca juga: Trump: Kasus Pembunuhan Khashoggi Tak Pengaruhi Hubungan AS-Saudi

Penyelidik Turki dilaporkan memperoleh dua bukti rekaman dengan dua kejadian berbeda, yakni sebelum dan saat pembunuhan berlangsung.

Dalam rekaman berdurasi 11 menit, Khashoggi langsung ditangkap empat dari 15 orang anggota tim yang dikerahkan ke Istanbul pada 2 Oktober pukul 13.14 waktu setempat.

Dia ditangkap di Bangunan A yang merupakan tempat pengurusan visa. "Lepaskan tangan saya! Anda pikir apa yang Anda lakukan?" hardik Khashoggi.

"Dasar pengkhianat! Engkau bakal kembali untuk menjalani pengadilan!" balas pria dalam rekaman yang diidentifikasi bernama Maher Abdulaziz Mutreb.

Mutreb diketahui merupakan pengawal Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dan pernah bertugas sebagai diplomat di Inggris.

Khashoggi kemudian dibawa ke Bangunan B konsulat yang merupakan tempat pengurusan hal administratif. Dalam rekaman berdurasi 7 menit, mereka terlibat pertengkaran.

Selain empat orang yang menyeret Khashoggi, muncul tiga orang lain dengan di antaranya diidentifikasi sebagai Mutreb dan Konsul Saudi Mohammed al-Otaibi.

Dalam rekaman tersebut, Khashoggi disiksa sebelum dibunuh. Setelah itu, suara Mutreb dilaporkan 19 kali menelepon Saud al-Qahtani, pemasihat MBS.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.