Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Peninggalan Marilyn Monroe Kini Makin Digemari Para Kolektor

Kompas.com - 20/11/2018, 17:28 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

BEVERLY HILLS, KOMPAS.com - Sebuah piala Golden Globe pada 1961 yang diberikan kepada aktris Marilyn Monroe terjual 250.000 dollar AS atau sekitar Rp 3,6 miliar.

Angka tersebut memecahkan rekor lelang untuk sebuah piala penghargaan film dan program televisi Amerika Serikat tersebut.

Penjualan tersebut sekaligus mengonfirmasi bahwa apa pun yang berkaitan dengan kenangan selebriti makin digemari para kolektor. Mereka bahkan tak segan merogoh kocek dalam untuk mendapatkannya.

Baca juga: Replika Gaun Putih Fenomenal Marilyn Monroe akan Dilelang

Diwartakan New York Times, Selasa (20/11/2018), kepala eksekutif Balai Lelang Julien di Beverly Hills, Darren Julien, mengatakan piala Golden Globe itu dibeli oleh seorang pembeli asal Eropa.

Penghargaan Henrietta tahun itu merupakan salah satu dari tiga piala Golden Globe yang diperoleh Monroe sepanjang kariernya.

Pada 1961, Monroe menyabet gelar sebagai pemain film favorit dunia di ajang Golden Globe yang diselenggarakan oleh Hollywwod Foreign Press Association.

Julien mengatakan, banyak pembeli dari luar negeri, terutama dari China dan Rusia, yang memandang benda-benda budaya pop Barat sebagi investasi.

"Banyak klien yang berinvestasi di pasar seni membeli barang-barang seperti itu juga," katanya.

"Mereka ingin mendiversifikasi koleksi," imbuhnya.

Monroe yang memukau penonton era 1950-an dengan penampilannya di layar lebar, telah lama menjadi favorit bagi para investor.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Marilyn Monroe, Ikon Budaya Pop

Mobil Ford Thunderbird milik Monroe juga terjual 490.000 dollar AS atau sekitar Rp 7,1 miliar.

Monroe pernah tertangkap kamera sedang mengendarai mobil tersebut bersama suaminya, Arthur Miller, tak lama usai pernikahan mereka pada Juni 1956.

Bintang film itu memiliki kendaraan tersebut selama enam tahun, sebelum ajal menjemputnya pada 1962.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com