Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Hanya akan Bertemu Sebentar dengan Trump di Paris

Kompas.com - 07/11/2018, 23:42 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump dalam agenda peringatan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I di Paris, akhir pekan ini.

"Telah disepakati bahwa pemimpin AS dan Rusia akan berbincang sebentar di Paris. Pertemuan itu akan dilakukan sambil berdiri," kata penasihat kebijakan luar negeri Yuri Ushakov, pada Rabu (7/11/2018), seperti diberitakan kantor berita Rusia.

Melansir dari AFP, keputusan menggelar pertemuan singkat antara Putin dan Trump, kata penasihat, dikarenakan kemungkinan hal itu bakal menyita perhatian media internasional.

Hal tersebut menjadi kekhawatiran pihak penyelenggara Perancis bahwa pertemuan Trump dan Putin justru akan membayangi agenda sesungguhnya dari peringatan yang digelar.

Baca juga: Trump Ingin Bertemu Putin di Peringatan Gencatan Senjata PD I

"Kedua pemimpin ditetapkan untuk melakukan diskusi lebih rinci selama Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Argentina akhir bulan ini dan akan dikonfirmasi setelah kembali dari Paris," kata Ushakov.

Sebelumnya, Trump menyampaikan tidak terlalu berharap dapat melakukan pembicaraan dengan Putin pada perayaan 100 tahun Perang Dunia I yang digelar 11 November mendatang di Paris, yang akan dihadiri 60 kepala negara dan pemerintahan.

Harapan akan pertemuan kedua pemimpin negara telah berkembang setelah ketegangan yang terus menumpuk antara kedua pihak.

Terlebih setelah Trump menyatakan akan mundur dari Perjanjian Persenjataan Nuklir Jarak Menengah (INF) yang ditandatangani pada era Perang Dingin dengan Soviet.

Rencana pertemuan semakin menguat setelah kunjungan Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton, ke Moskwa pada Oktober lalu.

Trump dan Putin sebelumnya telah sekali bertemu dalam pertemuan bilateral yang dilangsungkan di Helsinki, pada Juli lalu.

Pertemuan itu memicu kecaman domestik terhadap Trump yang dinilai terlalu lunak terhadap Rusia yang dituduh telah ikut campur dalam pemilu AS.

Baca juga: Trump Ragu Bisa Bertemu Putin di Paris Pekan Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com