Kompas.com - 06/11/2018, 06:15 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku tidak yakin dapat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Paris pekan depan.

Seperti diketahui, keduanya dijadwalkan menghadiri peringatan 100 tahun gencatan senjata Perang Dunia I di Paris pada 11 November 2018.

Meski menyatakan tidak bakal bertemu tata muka dengan Putin di ibu kota Perancis, namun Trump berjanji akan menemui pria itu di sela-sela penyelenggaraaan KTT G-20 di Argentina pada akhir November.

Baca juga: Usaha Terakhir Trump dan Obama Rebut Hati Rakyat Jelang Pemilu Paruh Waktu

"Kami belum menyiapkan apa pun. Kami tidak tahu itu akan menjadi tempat yang tepat," ucapnya, Senin (5/11/2018), seperti dikutip dari The Hill.

"Saya akan berada di Paris untuk alasan lain, tapi saya akan menghadiri G-200 dan mungkin akan bertemu setelah itu," imbuhnya.

KTT para pemimpin negara G-20 akan berlangsung di Argentina pada 30 November hingga 1 Desember 2018.

Pertemuan antara Trump dan Putin akan menjaditatap muka pertama mereka sejak KTT Helsinki yang kontroversial pada Juli lalu.

Usai keduanya bertemu, Trump dikritik karena berperilaku lunak terhadap Putin.

Pada pertemuan berikutnya, para pemimpin negara itu diharapkan untuk membahas sejumlah masalah.

Seperti misalnya, keputusan Trump untuk menarik AS dari Traktat Persenjataan Nuklir Jarak Menengah (INF) 1987.

Baca juga: Jelang Sanksi Iran, Trump Unggah Poster Ala Game of Thrones

Juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov mengatakan kepada kantor berita RIA, Putin dan Trump akan bertemu, tetapi tidak akan mengadakan pembicaraan substantif.

"Format acara multilateral untuk memperingati 100 tahun Perang DuniaI tidak memungkinkan kedua presiden mengadakan pertemuan substantif," katanya.

Namun, ketika berada di Paris, keduanya akan memberi keputusan mengenai pertemuan formal selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TheHill
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.