Kompas.com - 01/11/2018, 17:08 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menyebut Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un bakal mengunjungi Seoul di tahun ini.

Dalam pertemuan dengan anggota parlemen, Moon juga mengatakan Semenanjung Korea semakin mendekati momen perdamaian yang nyata.

Baca juga: Dennis Rodman Tak Tahu Bakal Bertemu Kim Jong Un saat Pertama ke Korea Utara

Dilansir AFP Kamis (1/11/2018), Moon berkata Kim bakal berkunjung ke Rusia dan menerima kunjungan Presiden China Xi Jinping.

Selain itu, terdapat peluang Kim bakal bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. "Setelah itu Pemimpin Kim bakal berkunjung ke Seoul sesegera mungkin," ujar Moon.

Pernyataan presiden berusia 65 tahun itu datang setelah peraturan larangan terbang diberlakukan di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan dua Korea.

Sepanjang 2018 ini, Moon dan Kim telah tiga kali bertemu dengan pertemuan terakhir terjadi pada 18-20 September di ibu kota Pyongyang.

Dalam pertemuan tersebut, Kim sepakat untuk mengunjungi ibu kota Korsel "di masa mendatang" tanpa menyebutkan tanggal spesifiknya.

Menjabat pada 10 Mei 2017, Moon berusaha membuat perdamaian dengan negara komunis yang mendapat sanksi dari PBB karena kepemilikan senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Dia mengomentari rencana pertemuan kedua antara Kim dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang disebutnya bisa terjadi dalam waktu dekat.

"Kini Utara bersama Selatan, dan AS bakal mencapai denuklirisasi penuh dan perdamaian akan terjadi di Semenanjung Korea," ulas Moon.

Secara teknis, Korut dan Korsel masih berada dalam peperangan karena Perang Korea yang terjadi pada 1950-1953 hanya berakhir dengan gencatan senjata.

Dalam pakta yang ditandatangani seusai pertemuan di Pyongyang, menteri pertahanan dua negara sepakat menghapus segala aktivitas berujung provokasi di perbatasan.

Mereka juga berkomitmen untuk tidak menerapkan latihan militer baik di darat, laut, dan udara untuk menghindari kecelakaan yang tak perlu.

Baca juga: Trump dan Kim Jong Un Disebut akan Bertemu Lagi pada Tahun Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.