Kompas.com - 03/10/2018, 17:50 WIB
|

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump mengatakan, Kerajaan Arab Saudi akan runtuh dalam dua pekan jika tidak mendapat dukungan militer AS.

"Kami melindungi Arab Saudi," kata Trump dalam sebuah kampanye di Southaven, Mississippi, Selasa (2/10/2018).

"Saya mencintai Raja Salman. Namun, saya katakan kepada beliau bahwa Arab Saudi tidak akan bertahan dalam dua pekan tanpa AS. Anda harus membiayai militer Anda," tambah Trump.

Baca juga: Surat yang Dikirim ke Trump Disita, Diduga Beracun

Trump tidak mengatakan, kapan tepatnya dia menyampaikan hal tersebut kepada Raja Salman. Namun, pada Sabtu (29/9/2018), kedua pemimpin berbicara lewat telepon soal pasokan minyak dunia.

Trump berulang kali menggembar-gemborkan kekuatan militer AS dan peran negara tersebut sebagai "pelindung" sekutu-sekutunya.

Dia juga berulang kali mendesak negara-negara NATO untuk lebih banyak berkontribusi dalam mempertakankan aliansi yang amat tergantung pada militer dan industri AS.

AS tidak memiliki pangkalan militer di Arab Saudi tetapi Qatar yang menjadi tempat menampun kontingan AS di pangkalan utara Al Udeid.

Sementara itu, Armada ke-5 AS berpangkalan di Bahrain. Sementara di Kuwait sejumlah personel AD Amerika Serikat ditempatkan.

Pasukan AS juga ditempatkan di Uni Emirat Arab, Jordania, Irak, dan Oman. Sehingga AS bisa dengan cepat membantu Saudi jika diperlikan.

Baca juga: Di Usia 3 Tahun, Trump Sudah Dapat Penghasilan Rp 3 Miliar Per Tahun

Sejauh ini, Trump belum meminta bayaran untuk membiayai tentaranya dari negara kaya minyak itu.

Namun pekan lalu, Trump mendesak agar Arab Saudi menurunkan harga mintak dunia. 

...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.