Kompas.com - 10/08/2018, 19:10 WIB
|

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang politisi India membuat sebuah sensasi setelah muncul di gedung Parlemen dengan mengenakan pakaian ala Adolf Hitler.

Tak hanya itu, dia juga melengkapi penampilannya dengan kumis khas diktator Jerman tersebut lengkap dengan lambang Swastika di lengannya.

Untuk semakin menghayati penampilannya, Naramalli Sivaprasad, nama politisi itu, juga mengangkat tangan kanannya untuk membuat hormat khas Nazi.

Baca juga: Politisi India Tuduh Para Rivalnya Kirim Hantu ke Kediaman Dinas

Aksi "nyeleneh" Sivaprasad ini dilakukan untuk meminta lebih banyak anggaran pembangunan untuk negara bagian Andhra Pradesh, daerah asalnya.

Sivaprasad mengatakan, dia hendak mengirim pesan untuk PM Narendra Modi agar tidak mengikuti "jejak Hitler", meski tak terlalu jelas apa maksudnya.

Sivaprasad mengatakan, Modi melupakan janjinya untuk mengucurkan lebih banyak dana pembangunan bagi negara bagian Andhra Pradesh.

"Dia tidak memahami keinginan rakyat dan saya ingin mendesaknya agar tidak menjadi seperti dia (Hitler)," kata politisi itu.

Partai regional pimpinan Sivaprasad, Partai Desam Telugu, mengakhiri aliansi dengan pemerintahan PM Modi pada Maret lalu akibat masalah anggaran ini.

Partai ini gagal dalam upayanya menjatuhkan pemerintahan lewat pengajuan mosi tidak percaya bulan lalu di parlemen.

Bukan kali ini saja Sivaprasad mengenakan pakaian unik saat dia mengusung sebuah permasalahan.

Dia pernah tampil di parlemen sebagai peternak, petani, ulama, hingga berpakaian perempuan.

Baca juga: 3 Politisi India Didakwa Terlibat Penghancuran Masjid 25 Tahun Lalu

Meski nama Hitler dikaitkan dengan holocaust yang menewaskan jutaan warga Yahudi di Eropa, namun sosok Hitler dikagumi di India sebagai perwujudan pemimpin yang tegas.

Buku karya Hitle, Mein Kampf amat mudah ditemukan di toko-toko buku India. Sedangkan versi bajakannya banyak dijual di jalanan New Delhi dan kota-kota besar lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.