Maroko Terima Kiriman Tank Lapis Baja Buatan AS - Kompas.com

Maroko Terima Kiriman Tank Lapis Baja Buatan AS

Kompas.com - 11/07/2018, 23:05 WIB
Tank Abrams buatan AS.AFP / AHMAD AL-RUBAYE Tank Abrams buatan AS.

RABAT, KOMPAS.com - Angkatan Bersenjata Kerajaan Maroko telah menerima kiriman peralatan militer dari AS, yang tiba di pangkalan udara kerajaan, pada Selasa (10/7/2018). Demikian diberitakan Maroko World News.

Melansir dari Middle East Monitor, kiriman tersebut berisi tank lapis baja yang diwarnai dengan kamuflase khusus untuk Maroko.

Diyakini pengiriman tank lapis baja tersebut adalah lanjutan dari kesepakatan yang ditandatangani kedua negara pada 2017.

Menurut data barang pertahanan berlebih AS, Kerajaan Maroko pada 2017 telah memesan sebanyak 222 tank Abrams dan hingga kini baru dialokasikan sebanyak 162 unit.

Baca juga: Mana Lebih Unggul, Tank AS atau Rusia?

Selain tank lapis baja, Maroko diyakini juga telah memesan sejumlah peralatan militer lain, di antaranya misil anti-kapal, yang juga akan dikirimkan pekan ini.

Selain itu, kerajaan melalui Kepala Angkatan Bersenjata Abdelfattah Louarak, juga telah mencapai kesepakatan dengan perusahaan senjata yang berbasis di AS untuk misil udara dan jet tempur.

Menurut Lembaga Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), AS masih menjadi pemasok utama perlengkapan militer Maroko, yang mencapai lebih dari separuh impor militer negara itu.

Selain AS, Maroko juga menjalin kerja sama pengadaan peralatan militer dengan Perancis, Italia, dan Rusia.

Kerja sama militer Maroko dengan Rusia meliputi 11 kesepakatan yang ditandatangani pada tahun lalu antara Perdana Menteri Maroko Saadeddine Othmani dengan PM Rusia Dmitry Medvedev.

Baca juga: Aksi Tank Tanpa Awak Rusia Terekam Video


Komentar
Close Ads X