Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Joseph Ducreux, Pelukis Bangsawan Perancis

Kompas.com - 29/06/2018, 22:14 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Namanya memang tidak setenar pelukis Vincent van Gogh, Leonardo Da Vinci atau Pablo Picasso, namun Joseph Ducreux tetaplah menjadi salah satu pelukis besar pada masanya.

Joseph Ducreux menjalani karier sebagai pelukis potret, pelukis pastel dan pemahat. Berkat sejumlah karyanya, Ducreux juga dinobatkan sebagai pelukis bangsawan Perancis.

Beberapa karyanya yang terkenal adalah lukisan potret Maria Antoinette saat sebelum pindah dari Austria ke Perancis untuk menikah dengan Raja Louis XVI.

Ducreux juga melukis untuk Raja Perancis, Louis XVI sesaat sebelum dia dieksekusi pancung pada 1793.

Ducreux lahir pada 26 Juni 1735 di Nancy, sebuah ibu kota di timur Perancis. Ayahnya juga adalah seorang pelukis dan dari sang ayah Ducreux belajar melukis.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Pierre Culliford, Ayah Para Smurf

Di usia 25 tahun, Ducreux pindah ke Paris, di mana dia belajar melukis pastel dari Maurice Quentin de La Tour, seorang pelukis Perancis yang fokus membuat lukisan potret menggunakan alat lukis pastel.

Di Paris, Ducreux juga berkesempatan belajar dari seorang pelukis, Jean Baptiste Greuze, yang disebut banyak memberikan pengaruh dalam gaya lukisan minyaknya.

Ducreux dikenal salah satunya karena gaya lukisan potretnya yang bebas dan ekspresif, jauh dari formalitas. Gaya lukisan tersebut sering digunakannya saat membuat lukisan potret dirinya sendiri.

Salah satu lukisan potret dirinya menampilkan pose tersenyum lebar dengan jari menunjuk, selain itu juga ada lukisan saat dia sedang menguap.

Pada tahun 1769, Ducreux diminta ke Wina, Austria untuk melukis calon ratu Perancis, Marie Antoinette. Dia berhasil merampungkan lukisanya tersebut sebelum Marie Antoinette meninggalkan Austria dan menikah dengan Raja Perancis Louis XVI.

Berkat jasanya itu, Ducreux mendapat gelar sebagai baron dan menjadi Pelukis Pertama Ratu oleh Marie Antoinette, meskipun dirinya bukan anggota dari Akademi Pelukis dan Pemahat Kerajaan Perancis.

Saat pecah Revolusi Perancis pada 1789, Ducreux pindah ke London. Di sana dia dipercaya membuat lukisan potret dari Raja Louis XVI tepat sebelum sang raja dieksekusi pancung bersama ratu pada 1793.

Setelah berakhirnya revolusi, Ducreux kembali ke Paris untuk melanjutkan kariernya. Dia dibantu rekannya Jacques-Loius David untuk membangun kembali karier melukisnya.

Lukisan potret diri Joseph Ducreux saat menguap yang dibuatnya pada 1783.WIKIPEDIA Lukisan potret diri Joseph Ducreux saat menguap yang dibuatnya pada 1783.
Ducreux mulai membuka sebuah studio lukis informal tempat dia mendapat pesanana lukisan potret dari sejumlah artis dan musisi.

Pada awal karier melukisnya, Ducreux lebih banyak menggunakan media pastel untuk membuat karyanya. Beberapa karyanya di antaranya adalah Pierre-Jean Mariette, Comte de Caylus dan Ange-Laurent de la Live de Juli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com