Janjikan Burger Gratis ke Wanita yang Dihamili Pesepak Bola, Burger King Dikecam

Kompas.com - 21/06/2018, 18:45 WIB
Ilustrasi: sebuah gerai Burger Kingwikimedia.org Ilustrasi: sebuah gerai Burger King

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah restoran cepat saji di Rusia meminta maaf karena mengunggah iklan yang dianggap melecehkan perempuan.

Dilaporkan Sky News Rabu (20/6/2018), awalnya Burger King memposting sebuah promosi burger di akun media sosial mereka untuk memeriahkan Piala Dunia.

Namun, dalam iklan itu, Burger King menjanjikan burger gratis bagi siapa saja wanita yang mengaku telah dihamili pemain sepak bola.

Baca juga: Dituduh Pakai Uang Palsu, Tunawisma Gugat Burger King Rp 14 Miliar

"Gen sepak bola terbaik diperlukan demi memastikan kesuksesan tim nasional Rusia di masa depan," demikian bunyi iklan itu.

Segera setelah iklan tersebut menuai kemarahan dari netizen, Burger King langsung mengunggah pernyataan di jaringan lokal VKontakte.

Inilah iklan di Burger King Rusia yang dianggap merendahkan perempuan. Pihak Burger King kemudian meminta maaf, dan mencabut iklan itu.via Sky News Inilah iklan di Burger King Rusia yang dianggap merendahkan perempuan. Pihak Burger King kemudian meminta maaf, dan mencabut iklan itu.

Dalam keterangan tertulisnya, Burger King menyatakan telah menarik menerima segala maasukan masyarakat, dan memutuskan menarik iklan itu.

"Kami menawarkan permintaan maaf kami atas iklan yang sudah sangat menyinggung tersebut," ujar Burger King dalam keterangannya.

Iklan di Rusia dilaporkan sering dikeluhkan aktivis perlindungan HAM perempuan karena terlalu seksi dan merendahkan.

Baca juga: Burger King Sediakan Burger Gratis untuk Mereka yang Baru Dipecat

Tahun lalu dikutip ABC, Burger King juga mengeluarkan iklan yang menampilkan seorang gadis berusia 17 tahun yang diduga menjadi korban pemerkosaan.

Dalam gambar sebenarnya, perempuan itu mengeluarkan gestur dua jari untuk menunjukkan seberapa banyak alkohol saat pesta yang berujung perkosaan.

Namun, gambar itu kemudian dimasukkan ke dalam promosi burger terbaru seolah-olah gadis remaja itu ingin mencicipi burger tersebut.

Selain iklan seksis, beberapa politisi Negeri "Beruang Merah" juga mengeluarkan komentar yang melecehkan selama perhelatan Piala Dunia.

Mikhail Degtyaryov mendesak fans perempuan untuk berhubungan dengan fans negara lain selama perhelatan Piala Dunia.

Degtyaryov berkata, jika mereka saling mencintai dan mempunyai anak dari hubungan, itu adalah sesuatu yang bagus.

"Beberapa tahun dari sekarang, anak-anak itu bakal mengingat kisah cinta orangtua mereka terjadi saat Piala Dunia 2018 di Rusia," ujar Degtyaryov.

"Saya berdoa kepada Tuhan bakal terjadi lebih banyak kisah cinta, lebih banyak, dan lebih banyak hubungan antar-ras.

Namun, pendapat Degtyaryov dibantah oleh koleganya, Tamara Pletnyova, yang mengatakan perempuan Rusia tidak boleh berhubungan dengan pria asing.

Sebab, jika para perempuan tersebut sampai hamil, maka harus membesarkan anaknya sendirian.

Baca juga: Iklan Burger King Bikin Kerajaan Belgia Tersinggung



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X