Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beruang Tiup Terompet saat Perhelatan Piala Dunia Rusia

Kompas.com - 16/06/2018, 23:11 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Seekor beruang menjadi viral karena beredar sebuah video yang memperlihatkan binatang itu meniup terompet.

Diwartakan Daily Mirror Sabtu (16/6/2018), aksi beruang tersebut terjadi di jalanan Moskwa, Rusia, di tengah perhelatan Piala Dunia.

Dalam video yang beredar, terlihat beruang itu duduk bersama tiga orang pria di sebuah jip berwarna hijau yang tengah berhenti.

Baca juga: Bawa Beruang ke Lapangan, Klub Rusia Dikecam Kelompok Pelindung Hewan

Beruang itu kemudian meniup Vuvuzela, terompet tanduk yang sangat populer saat perhelatan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Sekelompok penggemar sepak bola tim negara lain mengabadikan kejadian tersebut, dan terlihat berteriak kagum ke jip itu.

Mirror memberitakan, diyakini beruang itu memainkan vuvuzela ketika tuan rumah Rusia menekuk Arab Saudi 5-0 di pertandingan perdana Kamis (14/6/2018).

Tindakan yang dilakukan sekelompok orang di jip terhadap beruang itu menuai kecaman direktur organisasi penyayang binatang Peta, Elia Allen.

"Menggunakan beruang sebagai sarana menyampaikan semangat sepak bola selain berbahaya, juga melanggar hak hewan itu," kata Allen.

Di Twitter, seorang warganet menyatakan dia sangat muak dengan reaksi fans sepak bola yang memilih untuk merekam beruang tersebut.

"Pemandangan itu sangat menyayat hati saya. Bagaimana bisa orang-orang itu hanya berdiri dan tertawa?" tanya netizen tersebut.

Sebelumnya, sebuah klub sepak bola Rusia bernama Mashuk KMV Pyatigorsk menuai kecaman karena membawa seekor beruang masuk ke dalam lapangan.

Beruang itu membawa bola dan menyerahkannya kepada wasit sebelum pertandingan yang digelar pada April lalu tersebut.

Baca juga: Cari Makanan di Gudang Penyimpanan, Beruang Kutub Ini Malah Terjebak

Diyakini, beruang yang ada di klub Mashuk dan yang meniup Vuvuzela merupakan beruang sirkus yang sama bernama Tima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com