Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Terkena Penyakit Misterius, Diplomat AS Ditarik dari China

Kompas.com - 07/06/2018, 12:16 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menarik sejumlah diplomatnya dari China, menyusul kekhawatiran terkait penyakit misterius yang diderita diplomat AS di negara Asia lainnya dan Kuba.

Kemenlu AS menyatakan pada Rabu (6/6/2017), sejumlah individu dipulangkan ke AS untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Tim medis telah dikirim ke kota Guangzhou, China, setelah seorang karyawan diplomasi menderita gejala aneh seperti mendengar suara-suara aneh.

Baca juga: Terserang Penyakit Misterius, Diplomat Kanada di Kuba Dipulangkan

Ternyata, dia diketahui mengalami trauma otak pada bulan lalu. Hal tersebut memicu ketakutan kemungkinan negara rival AS itu telah mengembangkan perangkat gelombang mikro.

Gejala lain yang dialami sejumlah diplomat seperti pusing, sakit kepala, masalah kognitif, penglihatan, gangguan pendengaran, dan kesulitan tidur.

Otoritas menyebut, gejala yang diidap karyawan tersebut mirip dengan penyakit diplomat AS lainnya di Kuba pada tahun lalu.

"Pemeriksaan medis kepada setiap personel yang mengalami gejala tertentu atau yang ingin diperiksa masih berlangsung," kata juru bicara Kemenlu AS Heather Nauert dalam sebuah pernyataan.

"Petugas medis profesional AS akan terus melanjutkan mengerjakan evaluasi penuh untuk menentukan penyebab penyakit itu," imbuhnya.

Tahun lalu, sebanyak 24 diplomar AS dan anggota keluarga mereka di Kuba menjadi korban atas serangan penyakit misterius.

Baca juga: 27 Pekerja Fasilitas Rahasia di Rusia Terkena Penyakit Misterius

Mereka mengalami gejala trauma otak. Sementara itu, 10 diplomat asal Kanada dan keluarganya juga menderita penyakit serupa.

Pemerintah AS menyatakan, pemerintahan Kuba di masa lalu harus bertanggung jawab atas keselamatan diplomat AS. Namun, pemerintah Kuba menyangkal tuduhan tersebut.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo membentuk satuan tugas khusus untuk menyelidiki penyakit misterius yang diderita diplomat AS di China dan Kuba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com