Kompas.com - 27/05/2018, 21:07 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un meyakini, jika terlaksana, pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump akan menjadi peluang penting untuk mengakhiri konfrontasi selama beberapa dekade terakhir.

Hal tersebut disampaikan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang telah kembali bertemu dengan Kim di desa perbatasan Panmunjom, Sabtu (26/5/2018) kemarin.

"Ketua Kim menyampaikan keinginannya untuk mengakhiri sejarah peperangan dan konfrontasi dengan keberhasilan KTT dengan AS dan bekerja sama demi perdamaian dan kemakmuran," kata Moon kepada wartawan, Minggu (27/5/2018).

Baca juga: Kim Jong Un Kembali Bertemu Presiden Korsel di Panmunjom

Pada kesempatan pertemuan Sabtu kemarin, kedua pemimpin negara Korea juga sepakat untuk lebih sering bertemu dan berbicara secara pribadi jika memang diperlukan.

Pertemuan kali kedua yang dilakukan Kim dan Moon tersebut berlangsung selama sekitar dua jam.

Presiden Moon menyampaikan pesan agar Washington dan Pyongyang dapat menghapus kesalahpahaman melalui komunikasi langsung dan melakukan dialog awal membahas agenda yang akan disepakati dalam pertemuan puncak.

"Ketua Kim telah menyetujuinya," kata Presiden Moon, dilansir AFP.

Moon menambahkan, dalam pertemuan pada Sabtu, rezim Korea Utara juga telah menegaskan kembali komitmennya untuk menyerahkan persenjataan nuklirnya.

Namun Pyongyang masih ragu karena mempertimbangkan masalah keamanan Korea Utara.

"Kim menegaskan kembali tekad mereka untuk melakukan denuklirisasi secara lengkap," kata Moon.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.