Kompas.com - 27/05/2018, 04:13 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) menyatakan, mereka mengirim tim khusus mempersiapkan pertemuan dengan Korea Utara (Koruta).

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders, seperti dilansir AFP Sabtu (26/5/2018).

"Kami telah mengirim tim ke Singapura untuk mempersiapkan pertemuan berlangsung sesuai jadwal," kata Sanders dalam keterangan pers.

Baca juga: Trump: AS dan Korut Sama-sama Inginkan Pertemuan

Presiden Donald Trump mengumumkan telah memikirkan kembali rencana pertemuannya dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un yang sempat dibatalkan Kamis (24/5/2018).

Kedua pemimpin tersebut sebelumnya dijadwalkan untuk bertemu pada 12 Juni mendatang di Singapura.

Dalam surat yang dirilis Gedung Putih, Trump menyebut sikap tak bersahabat Korut dalam dua pekan terakhir menjadi alasan dirinya memutuskan untuk membatalkan.

Namun, dia berubah pikiran setelah media Korut KCNA, yang mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Kim Kye Gwan, menyatakan ingin berdiplomasi dengan AS.

"Mereka menginginkan (pertemuan) itu. Begitu juga dengan kami. Saat ini kami tengah mendiskusikannya," tutur Trump Jumat (25/5/2018).

Lebih lanjut, Kim juga dilaporkan bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In di kawasan demiliterisasi Panmunjom.

Pertemuan yang berlangsung secara rahasia tersebut membahas kepastian perundingan antara Trump dengan Kim bisa berlangsung sesuai jadwal.

Baca juga: Kim Jong Un Punya Rencana Cadangan jika Pertemuan dengan Trump Gagal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.