Kompas.com - 01/05/2018, 18:14 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump serius mempertimbangkan Panmunjom sebagai lokasi pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Kabar tersebut diungkapkan oleh seorang pejabat anonim di Gedung Putih, seperti diberitakan oleh CNN Selasa (1/5/2018).

Sebab, selama pekan kemarin, Trump terus membahasnya, bahkan membahasnya dengan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae In, pada Minggu (29/4/2018) via telepon.

Panmunjom, kawasan demiliterisasi yang masuk di wilayah Korsel, menjadi lokasi pertemuan antara Moon dengan Kim pada Jumat (27/4/2018).

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea Ketiga itu merupakan kali pertama dilaksanakan di wilayah Korsel sejak 2000 dan 2007.

Baca juga : Trump Pertimbangkan Panmunjom Jadi Lokasi Pertemuan dengan Kim Jong Un

Sementara bagi Kim, dia menjadi Pemimpin Korut pertama yang menginjakkan kaki di Korsel sejak Perang Korea 1950-1953.

Pejabat yang mengetahui pembicaraan Trump dan Moon itu berujar, presiden 71 tahun tersebut begitu suka dengan ide untuk menggelar pertemuan di Panmunjom.

"Trump sangat menyukai citra yang ditampakkan KTT Antar-Korea itu, serta fakta pertemuan itu disiarkan langsung," kata sumber tersebut.

Sumber itu merujuk televisi yang menyiarkan momen di mana Moon berangkat dari Cheong Wa Dae, julukan Kantor Kepresidenan Korsel, di Seoul menuju Panmunjom.

Kemudian momen saat Kim dan Moon bertemu di garis demarkasi militer, dan berjabat tangan, serta tatkala Kim menginjakkan kaki di wilayah Korsel.

Halaman:
Sumber CNN,ABCNews


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.