Kompas.com - 21/04/2018, 14:14 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Dalam pertemuan Komite Pusat Partai Buruh Jumat (20/4/2018), Kim Jong Un membuat keputusan mengejutkan.

Pemimpin Korea Utara (Korut) tersebut mengumumkan untuk menghentikan pengembangan serta uji coba persenjataan nuklirnya.

Melalui reportase media pemerintah Korut KCNA, sebagai wujud komitmennya, Kim menyatakan bakal menutup situs Punggye-ri.

Keputusan Kim tersebut merupakan rangkaian dari usaha untuk mendinginkan situasi politik di Semenanjung Korea.

Diwartakan kantor berita AFP Sabtu (21/4/2018), berikut merupakan kutipan perkatan Kim selama pertemuan Partai Buruh.

Baca juga : Kim Jong Un Putuskan untuk Menghentikan Tes Nuklir

1. Senjata Berharga
Kim memulai pidatonya dengan memuji pembangunan senjata nuklir di Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), nama resmi Korut, sebagai "kemenangan yang ajaib".

"Perjuangan rakyat DPRK yang sampai mengencangkan ikat pinggang mereka demi menciptakan senjata berharga ini merupakan kesuksesan tak terhingga," tutur Kim.

Pemimpin yang diyakini berusia 34 tahun itu mendeskripsikan senjata nuklir sebagai jaminan bagi generasi mendatang untuk menikmati hidup di dunia.

Kim melanjutkan, saat ini tidak menggelar tes nuklir maupun rudal balistik merupakan prioritas utama negeri komunis tersebut.

"Pekerjaan uji coba pemasangan nuklir sebagai hulu ledak di rudal balistik telah selesai," lanjut pemimpin yang berkuasa sejak 2011 tersebut.

Baca juga : Dipaksa Kembali, Ilmuwan Nuklir Korut yang Membelot Bunuh Diri dengan Racun

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.