Kompas.com - 09/04/2018, 23:32 WIB

NURPUR, KOMPAS.com - Insiden kecelakaan yang melibatkan bus sekolah yang penuh penumpang anak-anak terjadi di India utara. Bus sekolah masuk ke dalam jurang di kaki gunung Himalaya, Senin (9/4/2018).

Laporan polisi menyebutkan setidaknya 30 orang meninggal dunia, termasuk 27 anak-anak.

Bus nahas tersebut diketahui membawa murid-murid dari negara bagian Himachal Pradesh. Bus itu terperosok ke dalam jurang yang dalam di dekat Nurpur, sekitar 325 kilometer dari ibu kota negara bagian, Shimla.

"Bus terjun ke dalam jurang sedalam 60 meter dan menewaskan 27 anak sekolah, dua guru dan sopir bus," kata pejabat senior kepolisian setempat Santosh Patialma kepada AFP.

Baca juga: Kereta di Perancis Tabrak Bus Sekolah, 4 Murid Tewas

Ditambahkan Patialma, para siswa tersebut berusia antara 10-12 tahun dan berasal dari sekolah setempat.

Warga sekitar bergegas mencari korban selamat di dalam bus berwarna kuning yang jatuh dalam posisi terbalik itu.

Para penumpang yang selamat telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Beberapa dalam kondisi kritis.

Pemerintah negara bagian langsung mengumumkan akan memberikan kompensasi sebesar 500.000 rupee (sekitar Rp 106 juta) untuk setiap keluarga korban.

Melansir dari situs berita India TV, bus tersebut membawa sekitar 45 siswa dari Sekolah Umum Memorial Wazir Ram Singh Pathania dan sedang dalam perjalanan mengantarkan para siswa pulang.

Tim penyelamat lokal bersama Pasukan Tanggap Bencana Nasional segera dipanggil ke lokasi untuk melakukan misi penyelamatan.

Baca juga: Bus Jatuh ke Jurang di Peru, 35 Penumpang Tewas

Hasil penyelidikan awal sementara menunjukkan kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia. Sopir diduga kehilangan kendali bus ketika membelok sehingga terjatuh ke dalam jurang.

Presiden India Ram Nath Kovind dan Perdana Menteri Narendra Modi turut menyampaikan belasungkawa atas para korban tewas maupun luka-luka akibat kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP,India TV
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.