Kompas.com - 02/04/2018, 08:29 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tak dapat menyembunyikan apresiasinya terhadap para musisi Korea Selatan yang menggelar konser di Pyongyang, Korea Utara, Minggu (1/4/2018).

Kim Jong Un memberikan tepuk tangan meriah kepada seniman yang unjuk di panggung megah, termasuk girlband K-pop, dalam acara yang berlangsung selama dua jam itu.

AFP melaporkan, konser dari seniman Korea Selatan merupakan gerakan rekonsiliasi terakhir sebelum pertemuan dua Korea yang langka akan dilaksanakan pada April ini.

Sebanyak 120 kelompok musik mengisi 11 pertunjukan dengan diiringi penari dan seniman bela diri.

Kim dan istrinya yang juga mantan penyanyi hadir untuk menyaksikan pertunjukan bertajuk "Spring is Coming". Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, juga terlihat menonton konser itu.

Baca juga: Kim Jong Un Saksikan Penampilan Red Velvet di Pyongyang

Kim Jong Un menjadi pemimpin pertama Korea Utara yang menghadiri konser seniman Korea Selatan. Dia juga berjabat tangan dan foto bersama dengan para bintang itu di belakang panggung.

Dia mengatakan, acara budaya antar-Korea harus diadakan lebih sering.

"Tolong beri tahu (Presiden Korea Selatan) Moon Jae-in, betapa hebatnya acara seperti ini. Saya bersyukur atas hadiah semacam ini kepada orang-orang Pyongyang," kata Kim kepada pejabat Seoul yang berkunjung.

Penduduk Pyongyang menikmati konser langka oleh musisi Korea Selatan di East Pyongyang Grand Theater di Pyongyang yang berkapasitas 1.500 orang di Korea Utara, Minggu (1/4/2018). (KCNA via AFP) Penduduk Pyongyang menikmati konser langka oleh musisi Korea Selatan di East Pyongyang Grand Theater di Pyongyang yang berkapasitas 1.500 orang di Korea Utara, Minggu (1/4/2018). (KCNA via AFP)
Kepala delegasi sekaligus Menteri Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan Do Jong-whan menyebut, Kim Jong Un menunjukkan minat besar pada lagu dan lirik selama konser.

Pada akhir pertunjukkan, semua seniman muncul di panggung untuk menyanyikan lagu tentang persatuan.

Baca juga: Presiden Korsel Akan Bertemu Kim Jong Un pada 27 April

Konser akan berlanjut pada Selasa (3/4/2018) yang akan menggabungkan K-pop, rock, dan genre lainnya.

Atlet taekwondo di Korea Selatan juga unjuk gigi menjelang pameran bersama seni bela diri Korea dengan para praktisi Korea Utara akan digelar pada Senin (2/4/2018).

Kim akan bertemu dengan Moon dan siap berjumpa dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sebelumnya, Kim juga bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada pekan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC,AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.