Kompas.com - 29/03/2018, 19:49 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dijadwalkan bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada 27 April 2018 mendatang. Pertemuan itu akan menjadi yang pertama kalinya antar-pemimpin kedua negara sejak 2007.

Kepastian tanggal pertemuan tingkat tinggi itu sebagai hasil pembicaraan delegasi kedua negara yang dilangsungkan pada Kamis (29/3/2018).

"Menyesuaikan dengan keinginan antara kedua pemimpin, dengan ini Korea Selatan dan Korea Utara sepakat untuk menggelar Konferensi Tingkat Tinggi 2018 pada 27 April mendatang," kata pemimpin delegasi kedua negara dalam keterangan press bersama yang dibacakan pada Kamis (29/3/2018).

"Pertemuan akan dilangsungkan di Gedung Perdamaian Selatan di Panmunjom," lanjut pernyataan tersebut, dilansir AFP.

Baca juga: Korsel dan Korut Bakal Gelar Konferensi Tingkat Tinggi April

Pejabat kedua negara akan kembali bertemu pada 4 April mendatang untuk membahas masalah keamanan sekaligus menyepakati pengaturan media.

Dengan disepakatinya tanggal pertemuan antara kedua pemimpin Korea, maka Presiden Moon selangkah lebih dekat dalam mewujudkan janjinya saat kembali menjabat sebagai pemimpin Korsel, yakni tercapainya perdamaian di Semenanjung Korea.

"Saya akan melakukan semua yang saya bisa lakukan demi tercapainya perdamaian di Semenanjung Korea," kata Moon dalam pidato pelantikannya pada Mei 2017.

Konferensi tingkat tinggi antara pemimpin kedua Korea terakhir terjadi pada Oktober 2007 lalu saat mantan presiden Korsel Roh Moo-hyun bertemu ayah dari Kim Jong Un, yakni Kim Jong Il.

Hubungan antara Seoul dengan Pyongyang semakin mencair sepanjang 2018. Dimulai dari kesepakatan kedua Korea dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, hingga saling mengirimkan delegasi antarkedua negara.

"Dalam 80 hari terakhir ini telah banyak peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan antara kedua Korea," kata pemimpin delegasi Pyongyang, Ri Son Gwon, usai pertemuan yang berlangsung di sisi utara Gedung Perdamaian di Panmunjom, Kamis (29/3/2018).

Baca juga: Red Velvet dan 160 Artis Jadi Delegasi Seni Seoul ke Korut

Seoul bahkan menjadwalkan mengutus delegasi seni dengan membawa 160 seniman Korea Selatan, salah satunya grup pop Red Velvet, untuk menggelar pertunjukan di Pyongyang.

Setelah pertemuan antara Moon dengan Kim, selanjutnya pemimpin Korea Utara juga berencana bertemu dengan Presiden AS Donald Trump. Pertemuan yang sangat diantisipasi di tengah ketegangan yang terjadi akibat program nuklir Pyongyang itu direncanakan digelar sebelum akhir Mei 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP,CNN
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.