Kompas.com - 28/03/2018, 20:31 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Otoritas Israel menegaskan akan berupaya agar pemindahan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat yang dijadwalkan pada bulan Mei mendatang dapat berjalan sesuai rencana.

Demi menepati jadwal yang telah disusun, yakni pada 14 Mei atau bertepatan dengan peringatan 70 tahun berdirinya negara itu, pemerintah Israel bakal memangkas sejumlah aturan birokrasi yang berlebihan.

Menteri Keuangan Israel Moshe Kahlon mengatakan, dalam mempersiapkan lokasi kantor kedutaan besar AS di Yerusalem masih dibutuhkan izin perencanaan untuk pembangunan tembok keamanan dan jalur keluar darurat.

Baca juga: Trump Ingin Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem

Namun demikian, aturan birokrasi yang ada dapat mempengaruhi proses pemindahan kedubes. Karenanya pihaknya Kahlon berjanji birokrasi tersebut tidak akan menunda rencana pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv.

"Kami tidak akan membiarkan birokrasi sia-sia yang akan menunda proses pemindahan kantor kedutaan besar AS ke Yerusalem," kata Kahlon, pada Selasa (27/3/2018).

Kahlon menambahkan, langkah pemindahan tersebut memiliki peran penting strategis bagi Israel. Oleh sebab itu, stafnya akan melakukan segala yang diperlukan untuk menghormati jadwal yang telah disusun.

Presiden AS Donald Trump telah mengeluarkan pengakuan terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember lalu dan akan ditindaklanjuti dengan pemindahan kantor kedubes dari Tel Aviv ke kota suci itu.

Awalnya disebutkan pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem tidak dapat dilakukan pada tahun ini, namun Trump memutuskan untuk mempercepat proses pemindahan bertepatan dengan peringatan berdirinya Israel.

Pemindahan pada Mei mendatang akan dilakukan di kantor sementara dengan menggunakan bangunan yang selama ini digunakan sebagai konsuler di kawasan Arnona.

Sedangkan untuk gedung Kedubes AS direncanakan selesai dibangun pada akhir tahun depan.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.