Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Palestina Berkunjung ke Rusia, Cari Dukungan terkait Yerusalem

Kompas.com - 12/02/2018, 14:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Palestina Mahmoud Abbas berkunjung ke Rusia, Senin (12/2/2018). Para ahli melihat kunjungan tersebut sebagai upaya Palestina mengamankan dukungan Rusia terkait Yerusalem.

Dilansir dari AFP, kunjungan Abbas ke Rusia hanya berselang dua pekan usai Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu Presiden Vladimir Putin pada 29 Januari lalu.

"Kunjungan Abbas ke Rusia dapat dilihat sebagai sebuah upaya pendekatan diri pada negara yang juga menjadi sekutu Palestina yang konsisten."

"Bisa juga sebagai langkah untuk menghentikan langkah Netanyahu dalam menyesatkan Moskwa di tengah perkembangan hubungan antara Rusia dengan Israel," kata Alexander Shumilin, seorang ilmuwan Timur Tengah di Institut untuk studi AS dan Kanada.

Baca juga: 45 Sekolah Palestina di Tepi Barat Terancam Dihancurkan Israel

Menurutnya, kunjungan itu penting untuk memberikan isyarat politik dari Abbas, meskipun juga tidak akan langsung memberikan hasil praktis.

"Sepertinya juga tidak akan ada terobosan yang dilakukan Abbas pada kunjungan kali ini," tambahnya.

Belum lama ini, Netanyahu mengunjungi Rusia dan bersama Putin menghadiri peringatan untuk korban kamp Nazi yang digelar di museum Yahudi di Moskwa.

Pada kesempatan itu, Netanyahu berusaha meyakinkannya bahwa Iran ingin "menghancurkan" negara Yahudi tersebut.

Putin pun mengatakan, Rusia dan Israel akan terus bekerja sama dalam upaya  melawan segala bentuk tindakan yang ingin memalsukan sejarah.

Sebelumnya, Palestina bersikeras menolak berhubungan dengan AS dalam menyelesaikan masalah Yerusalem setelah pernyataan Presiden Donald Trump yang mengakui kota suci itu sebagai ibu kota Israel.

Baca juga: Israel Tangkap 520 Warga Palestina selama Januari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com