Kompas.com - 21/03/2018, 16:16 WIB

COATBRIDGE, KOMPAS.com - Seorang pria asal Skotlandia dinyatakan bersalah telah melakukan kejahatan kebencian karena mengajarkan anjing peliharaan kekasihnya berpose 'hormat' ala Nazi.

Mark Meechan (30), asal Coatbridge, Lanarkshire ditahan setelah videonya yang merekam aksi seekor anak anjing mengangkat sebelah tangan, seperti hormat yang dilakukan tentara Nazi.

Dalam video yang diunggahnya ke kanal Youtube pada April 2016 lalu itu, anak anjing yang terekam akan bereaksi ketika mendengar kalimat "gas para Yahudi".

Selain itu, anjing tersebut juga akan mengangkat kaki kanan depannya ketika mendengar kata "sieg heil" yang berarti "salam kemenangan" dalam bahasa Jerman.

Baca juga: Kloning Anjing Kesayangannya, Perempuan di AS Rela Bayar Rp 680 Juta

Video yang diberi judul "M8 Yur Dug's a Nazi" itu telah ditonton hingga lebih dari 3 juta kali.

Persidangan yang digelar di Pengadilan Airdrie, Skotlandia menetapkan Meechan bersalah telah melakukan kejahatan kebencian dan akan menjalani sidang pembacaan hukuman pada April mendatang.

Meechan berkata dirinya hanya membuat video tersebut sebagai guyonan antara dia dengan kekasihnya Suzanne Kelly (29), yang juga adalah pemilik anjing dalam video.

Dia juga mengaku tidak berniat menyebarkan kebencian karena hanya membagikan video tersebut kepada teman-teman dekatnya.

"Tapi seseorang membagikan video itu ke media sosial Reddit dan menjadikan video itu populer," kata Meechan.

Dia menyebut kasus yang menimpanga itu sebagai sebuah kesialan yang tak biasa. Akibat video itu juga dia sempat delapan kali kehilangan pekerjaan. Meechan mengklaim tujuan video itu hanya sebagai lelucon dan tidak pernah berniat menyebar kebencian.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.