Salin Artikel

Ajari Anjingnya Lakukan Hormat ala Nazi, Pria Skotlandia Ditahan

Mark Meechan (30), asal Coatbridge, Lanarkshire ditahan setelah videonya yang merekam aksi seekor anak anjing mengangkat sebelah tangan, seperti hormat yang dilakukan tentara Nazi.

Dalam video yang diunggahnya ke kanal Youtube pada April 2016 lalu itu, anak anjing yang terekam akan bereaksi ketika mendengar kalimat "gas para Yahudi".

Selain itu, anjing tersebut juga akan mengangkat kaki kanan depannya ketika mendengar kata "sieg heil" yang berarti "salam kemenangan" dalam bahasa Jerman.

Video yang diberi judul "M8 Yur Dug's a Nazi" itu telah ditonton hingga lebih dari 3 juta kali.

Persidangan yang digelar di Pengadilan Airdrie, Skotlandia menetapkan Meechan bersalah telah melakukan kejahatan kebencian dan akan menjalani sidang pembacaan hukuman pada April mendatang.

Meechan berkata dirinya hanya membuat video tersebut sebagai guyonan antara dia dengan kekasihnya Suzanne Kelly (29), yang juga adalah pemilik anjing dalam video.

Dia juga mengaku tidak berniat menyebarkan kebencian karena hanya membagikan video tersebut kepada teman-teman dekatnya.

"Tapi seseorang membagikan video itu ke media sosial Reddit dan menjadikan video itu populer," kata Meechan.

Dia menyebut kasus yang menimpanga itu sebagai sebuah kesialan yang tak biasa. Akibat video itu juga dia sempat delapan kali kehilangan pekerjaan. Meechan mengklaim tujuan video itu hanya sebagai lelucon dan tidak pernah berniat menyebar kebencian.

Namun Sherif Derek O'Caroll dengan tegas mengatakan video tersebut "menyerang secara kasar dan mengancam".

Sherif O'Caroll menambahkan pelaku secara sadar menyebut video itu lelucon yang kasar.

"Dia tahu apa yang dia lakukan. Hal itu sudah menjadi bukti bahwa video itu adalah bentuk antisemit," kata O'Caroll.

Sherif O'Caroll menambahkan, alasan pelaku yang menyebut video hanya untuk tujuan privat tidak dapat dipercaya karena tidak ada tindakan pencegahan yang dilakukan saat video itu dibagikan secara publik.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/21/16164401/ajari-anjingnya-lakukan-hormat-ala-nazi-pria-skotlandia-ditahan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke