Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2018, 23:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DELHI, KOMPAS.com - Perdana Menteri India Narendra Modi menelepon Presiden China Xi Jinping pada Selasa (20/3/2018) untuk menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Xi sebagai pemimpin negara tersebut untuk kali kedua.

Dalam kesempatan tersebut, Modi turut menyampaikan harapan kepada kedua negara dapat terus menjaga dan meningkatkan hubungan baik.

Parlemen China dengan suara bulat telah kembali memilih Xi untuk menjabat sebagai presiden, sekaligus menyetujui penghapusan batas waktu untuk jabatan pemimpin negara.

Dilansir AFP, panggilan diplomatik melalui telepon tersebut dilakukan saat hubungan kedua negara sedang memanas akibat kebuntuan dalam perundingan perbatasan pada tahun lalu.

"Perdana Menteri Narendra Modi telah melakukan panggilan telepon pada hari ini kepada Tuan Xi Jinping, Presiden Republik Rakyat China untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali," tulis pernyataan resmi pemerintah, Selasa malam.

Baca juga: India-Pakistan Saling Tembakkan Artileri, Ratusan Orang Melarikan Diri

"Kedua pemimpin negara sepakat bahwa di tengah perkembangan pesat kekuatan dua negara, hubungan bilateral antara India dan China menjadi sangat penting."

""Kedua pemimpin juga sepakat untuk melanjutkan konsultasi erat mengenai isu-isu regional maupun internasional yang menjadi kepentingan bersama," tambah pernyataan itu.

Tentara India dan China pada Juni 2017 lalu sempat terlibat konflik di kawasan dataran tinggi Doklam, jalur kecil dekat persimpangan China, India dan Bhutan.

Kedua pemerintahan sepakat menarik mundur pasukan mereka dari daerah perbatasan yang disengketakan setelah dua bulan bertikai untuk mengcegah terjadinya krisis lebih lanjut.

Namun bulan lalu, Beijing mengajukan keberatan kepada India setelah Perdana Menteri Modi melakukan perjalanan ke negara bagian Arunachal Pradesh, yang menjadi sengketa antara kedua negara.

Baca juga: Di India, Tunawisma Meningkat Jutaan Rumah Baru Justru Kosong

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com