Kompas.com - 05/03/2018, 23:32 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Kepolisian Filipina, pada Senin (5/3/2018), mengumumkan telah menangkap seorang tersangka anggota ISIS yang diyakini terlibat dalam peperangan di kota Marawi tahun lalu.

Tersangka tersebut, Nasser Lomondot, diduga menjadi salah satu anggota ISIS yang tersisa setelah terusir dari Marawi melalui pertempuran selama lima bulan yang menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Nasser ditangkap di Manila pada Sabtu (3/3/2018), beberapa bulan setelah dia dikabarkan melarikan diri dari pertempuran di kota di selatan Filipina.

Baca juga: Satu Tersangka Pembunuh Pekerja Wanita Asal Filipina Ditangkap di Lebanon

"Tersangka ini berpartisipasi dalam pembunuhan warga sipil dan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak yang disandera," kata juru bicara militer regional, Mayor Ronald Suscano kepada wartawan, dilansir AFP.

Ditambahkan Suscano, ketika pasukan pemerintah Filipina berjuang untuk merebut kembali kendali kota Marawi, Lomondot mengarahkan sebuah serangan pengalihan oleh pasukan bersenjata pro-ISIS di kota tetangga Marantao.

"Tersangka ini merupakan salah satu perancang kunci serangan di kota Marantao, sementara baku tembak di Marawi masih berlangsung," kata Suscano.

Kepala Polisi Manila, Oscar Albayalde, dalam pernyataannya, menambahkan, Lomondot ditahan bersama seorang tersangka pro-ISIS lainnya.

Militer Filipina sebelumnya memperingatkan, pada bulan lalu, militan yang tersisa dari Marawi telah mengumpulkan kekuatan sekitar 200 orang bersenjata untuk membangkitkan kembali kekhalifahan di negara itu.

Baca juga: Duterte Berniat Kirim Militer Filipina Berlatih ke China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.