Kompas.com - 26/01/2018, 13:16 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

MADRID, KOMPAS.com — Kemenangan kubu pro-kemerdekaan saat pemilu Catalonia, 21 Desember 2017, menjadi pukulan yang sangat telak bagi Spanyol.

Sebab, dengan tidak adanya sosok yang dianggap cukup kuat menjadi Presiden Catalonia, mereka berniat mencalonkan kembali Carles Puigdemont.

Pemerintahan Mariano Rajoy pun berusaha mengeblok langkah pro-kemerdekaan agar Puigdemont tidak masuk dalam kandidat.

Dilansir Reuters.com, Kamis (25/1/2018), pemerintah mengambil langkah hukum dengan mengajukan gugatan terhadap Puigdemont ke Dewan Negara.

Dewan Negara adalah lembaga tertinggi Spanyol yang bertugas memberi nasihat kepada pemerintah mengenai isu-isu yang dianggap serius.

Baca juga: Spanyol Berniat Perbarui Surat Penangkapan Eropa untuk Puigdemont

Pemerintahan Rajoy berusaha agar Dewan Negara memberi opini yang bisa menekel manuver pencalonan Puigdemont.

Menanggapi langkah Madrid, juru bicara Junts per Catalunya, partai Puigdemont, menyatakan bahwa Puigdemont berhak dicalonkan.

"Haknya sebagai warga negara tidak terbatas. Reputasinya bahkan masih bersih karena belum pernah dihukum," ujar juru bicara tersebut dilansir Politico.

Adapun Dewan Negara memilih menolak gugatan pemerintah tanpa bersedia memberikan keterangan lebih rinci atas dasar penolakan tersebut.

"Kami tidak menyerah. Saat ini kami tengah mencari cara lain untuk mencegah Tuan Puigdemont. Kami bakal membahasnya saat pertemuan, Jumat (26/1/2018)," ujar sumber internal pemerintah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.