Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemulangan Pengungsi Rohingya Disepakati Selesai dalam Dua Tahun

Kompas.com - 16/01/2018, 16:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Pemerintah Myanmar dan Bangladesh telah menyepakati pemulangan para pengungsi Rohingya akan dirampungkan dalam jangka waktu dua tahun.

Kesepakatan itu semakin memperjelas rencana untuk membawa kembali ratusan ribu warga Muslim Rohingya yang melarikan ke Bangladesh.

Kesepakatan itu sebagai hasil pertemuan kedua negara selama dua hari di Naypyidaw, menyebutkan jangka waktu dua tahun akan dimulai setelah proses pemulangan pengungsi tahan pertama berjalan.

Baca juga: Jepang Hibahkan Rp 40 Miliar ke Myanmar untuk Pemulangan Rohingya

Namun, kesepakatan tersebut hanya berlaku untuk pengungsi Rohingya yang melarikan diri ke Myanmar akibat kasus kekerasan yang terjadi sejak Oktober 2017.

Dengan kata lain, tidak untuk pengungsi Rohingya yang tinggal di Bangladesh sebelumnya, yang diperkirakan PBB berjumlah sekitar 200.000 orang.

"Selama pertemuan dua hari ini kami telah menyepakati formulir yang harus diisi para pengungsi untuk dapat kembali ke Myanmar," kata duta besar Bangladesh untuk Myanmar, Mohammad Sufiur Rahman kepada AFP.

Rahman menambahkan, proses pemulangan akan dimulai dalam beberapa hari ke depan. Akan tetapi, dari pihak Myanmar menyebut batas waktu pekan depan untuk memulai proses pemulangan Rohingya tidak memungkinkan.

Kesepakatan kali ini sebagai tindak lanjut hasil perjanjian kedua negara yang telah tercapai pada November 2017, membuka jalan untuk dimulainya proses pemulangan.

Dijadwalkan proses pemulangan akan dimulai pada 23 Januari 2018, namun kemungkinan akan kembali mundur setelah adanya kesulitan memasok logistik melintasi perbatasan.

Baca juga: Tenda Pengungsi Rohingya Terbakar, Seorang Wanita dan Tiga Anak Tewas

Pemerintah Myanmar, yang terus mendapat tekanan diplomatik untuk pemulangan pengungsi Rohingya yang aman, mempercepat proses pembangunan kamp sementara di distrik Maungdaw, Rakhine.

Sebanyak 625 tenda pengungsian akan dibangun guna menampung sekitar 30.000 warga Rohingya sebelum mereka dipindahkan ke pemukiman permanen. Namun dilaporkan baru sebagian kecil bangunan yang telah selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com