Kompas.com - 05/12/2017, 18:04 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

MADRID, KOMPAS.com - Spanyol mengumumkan bakal menarik Surat Perintah Penangkapan Eropa (EAW) kepada presiden tersingkir Catalonia, Carles Puigdemont.

Kantor berita AFP melansir Selasa (5/12/2017), keputusan penarikan EAW dari Mahkamah Agung Spanyol itu terjadi sehari pasca-masa kampanye pemilu 21 Desember.

Sebelumnya, pemerintahan Mariano Rajoy menerbitkan EAW kepada Puigdemont dan empat menterinya pada 5 November.

Perintah penangkapan itu diberikan setelah mereka berlima terbang ke Brussels, Belgia, tiga hari setelah pernyataan deklarasi kemerdekaan Catalonia dari Spanyol (27/10/2017).

Baca juga : Eks Presiden Catalonia Jalani Sidang Kedua Upaya Ekstradisi Spanyol

Dalam pernyataannya, Hakim Pablo Llarena memutuskan untuk menarik EAW setelah mendapat jaminan kelimanya bakal pulang ke Barcelona.

Mereka berniat untuk maju dalam pemilu pasca-pembekuan status otonomi khusus Catalonia sebagai akibat penerapan Artikel 155 Konstitusi 1978.

"Meski begitu, pengadilan tidak akan menarik surat perintah penangkapan Spanyol kepada mereka," ujar seorang sumber di internal mahkamah agung.

Puigdemont dan empat menterinya dituduh melakukan pemberontakan kepada negara, menghasut masyarakat Catalonia, dan menyalahgunakan dana publik.

Sebelum keputusan itu keluar, Pengadilan Federal Belgia telah menggelar dua kali sidang terkait permohonan ekstradisi yang dilayangkan Spanyol.

EAW dan permintaan ekstradisi Spanyol bisa dibatalkan jika pengadilan Belgia mengetahui bahwa penangkapan Puigdemont dan empat menterinya sarat akan nuansa politis.

Baca juga : Mahkamah Agung Spanyol Tetap Tahan 4 Pejabat Catalonia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.