Kompas.com - 01/12/2017, 21:53 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

MADRID, KOMPAS.com - Harapan para pendukung kemerdekaan Catalonia untuk bersatu pada pemilu 21 Desember mendatang harus dipendam hingga Senin (4/12/2017).

Pada hari itu, Mahkamah Agung Spanyol bakal memutuskan nasib 10 eks pejabat Catalonia yang ditahan sejak 2 November.

Hakim Pablo Llarena akan menjatuhkan putusan apakah mereka bisa bebas dengan jaminan, ataukah tetap menjalani penahanan.

Diwartakan AFP Jumat (1/12/2017), para pejabat itu datang ke gedung mahkamah agung guna menjalani penyelidikan terkait peran mereka saat deklarasi kemerdekaan Catalonia 27 Oktober lalu.

Mereka semua didakwa melakukan pemberontakan, penghasutan, dan penyalahgunaan dana publik.

Baca juga : PM Spanyol: Jangan Biarkan Kelompok Separatis Menang di Pemilu Catalonia

Pejabat pertama yang diinvestigasi adalah Wakil Presiden Oriol Junqueras.

Junqueras mendapat pertanyaan dari Llarena di ruang tertutup selama 20 menit. Hingga tengah hari waktu setempat, Llarena telah menanyai tujuh pejabat.

Ester Capella, anggota Partai ERC mengatakan, mereka telah menyiapkan uang jika Junqueras dibebaskan dengan jaminan.

"Kami telah memikirkan nominalnya. Jadi ketika pengadilan mengajukan nilai jaminan, kami bisa membebaskannya dengan cepat," ujar Capella.

Profesor politik di Universitas Otonomi Barcelona, Oriol Bartomeus berkata, setelah para pemimpin separatis dibebaskan, pendukung kemederkaan bisa kembali melancarkan kampanye.

"Represi yang dilakukan Spanyol melalui penahanan para pejabat hanya menggerakan kampanye kemerdekaan mereka," ulas Bartomeus.

Baca juga : Aksi Dukung Kemerdekaan Catalonia, Pendemo Tutup Jalur Transportasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.