Kompas.com - 19/10/2017, 16:29 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Salah satu kekalahan militer paling menakjubkan dalam sejarah adalah ketia pasukan Perancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte gagal menundukkan Rusia.

Invasi Perancis ke Rusia atau disebut di Rusia sebagai Perang Patriotik 1812 dimulai saat tentara Perancis melintasi Sungai Neman pada 24 Juni 1812 dalam upayanya untuk menaklukkan Rusia.

Napoleon berharap invasi ini bisa menghentikan Tsar Alexander I dari Rusia menghentikan perdagangan dengan Inggris dengan tujuan akhir Inggris akan menawarkan perdamaian.

Selain itu, Napoleon juga memiliki tujuan politik yaitu membebaskan Polandia dari ancaman Rusia demi mendapatkan dukungan atas aksinya menginvasi Rusia.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Kekalahan Napoleon dalam Pertempuran Waterloo

Dalam kampanye militer ini, Napoleon mengerahkan 600.000 personel tentara yang dengan cepat menerobos masuk ke wilayah barat Rusia.

Napoleon berusaha memancing pasukan Rusia agar terlibat dalam pertempuran besar yang diharapkan bisa menghancurkan militer Rusia.

Meski diwarnai beberapa bentrokan kecil dan kemenangan di medan tempur Smolenks, tetapi secara umum pasukan Rusia bisa terus menghindari pasukan Perancis.

Di saat pasukan utama Rusia mundur, divisi Kosak diperintahkan membakar desa-desa, kota, dan ladang-ladang gandum agar pasukan penyerang tak bisa memanfaatkan nya.

Taktik ini sungguh mengejutkan dan tak diduga pasukan Perancis. Mereka tak percaya, tentara Rusia tega menghancurkan properti warganya sendiri dan menghancurkan kota-kota hanya demi menghambat laju pasukan Perancis.

Namun, taktik Rusia itu berjalan dengan baik. Pasukan Perancis terpaksa menggantungkan nasib pada sistem perbekalannya yang sebenarnya tak mampu memberi makan tentara dalam jumlah sedemikian besar.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Napoleon Bonaparte Dibuang ke Pulau Elba

Akibat kelaparan, banyak prajurit Perancis meninggalkan perkemahan mereka untuk mencari makanan. Saat itulah, pasukan-pasukan kecil Kosak menjebak dan membunuh para tentara Perancis itu.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.