Kompas.com - 11/04/2017, 11:17 WIB
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Napoleon Bonaparte (1769-1821) merupakan salah seorang tokoh militer dan politik yang paling ternama dalam sejarah dunia.

Hari ini, tepatnya 11 April 1814, merupakan salah satu babak penting dalam kehidupan Napoleon Bonaparte.

Dia dipaksa menyerahkan mahkotanya dan sesuai Perjanjian Fontainebleau, Napoleon harus menjalani pengasingan di Pulau Elba.

Elba adalah sebuah pulau seluas 224 kilometer persegi di Laut Tengah yang berjarak sekitar 10 kilometer dari kota pesisir Piombino, Italia.

Kembali ke Napoleon, calon penguasa Perancis itu dilahirkan di Ajaccio, Corsica pada 15 Agustus 1769.

Setelah menimba ilmu di akademi militer Perancis, dia ikut bertempur dalam Revolusi Perancis 1879 dan dengan cepat meraih prestasi.

Pada akhir 1700-an, Napoleon sudah beberapa kali memimpin pasukan Perancis menjalankan operasi militer yang sukses.

Pada 1799, Napoleon memantapkan dirinya sebagai diktator militer Perancis dan pada 1804 menjadikan diri sendiri kaisar Perancis.

Setelah menjadi kaisar, Napoleon terus mengembangkan wilayah kekuasaannya. Pada 1810, hampir seluruh Eropa sudah berada di bawah kekuasaannya.

Meski dikenal sebagai pemimpin yang memiliki reputasi haus kekuasaan dan selalu merasa tidak aman, Napoleon juga memberikan dampak positif terhadap kehidupan politik dan sosial Eropa.

Halaman:
Baca tentang
Sumber History


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.