Kompas.com - 26/05/2017, 08:22 WIB
EditorErvan Hardoko

MANCHESTER, KOMPAS.com - Kepolisian Inggris mengatakan, pelaku bom bunuh diri Manchester kemungkinan telah membuat bom kedua yang kini berada di tangan seorang rekannya.

Hal itu diketahui setelah polisi yang menggeledah kediaman Salman Abedi menemukan sebuah bengkel perakitan dengan berbagai jenis bahan kimia dan materi pembuat bom lainnya dalam jumlah besar.

Polisi meyakini, Salman Abedi membuat bahan peledak sendiri setelah mempelajarinya dalam perjalanan ke Libya beberapa waktu lalu.

Baca: Pengebom Manchester "Terbukti” Berkaitan dengan ISIS

Namun, jumlah material yang ditemukan polisi di kediamannya memicu kekhawatiran bahwa Abedi sudah membuat bom kedua dan memberikannya kepada kelompok-kelompok radikal di Inggris.

"Kekhawatirannya adalah ada cukup banyak bahan yang bisa dibuat menjadi dua atau tiga bom dan kami tak bisa mencegah hal itu," ujar seorang sumber di kepolisian kepada The Telegraph.

Abedi tiba kembali di Manchester dari Libya pada Kamis pekan lalu setelah singgah di Istanbul dan Dusseldorf.

Sehari setelah pulang kembali, Abedi mengunjungi pusat perbelanjaan Arndale di mana dia terekam CCTV membeli sebuah tas ransel merek Karrimor.

Polisi yakin Abedi menghabiskan akhir pekannya untuk merangkai bom, termasuk detonatornya.

Pada Senin lalu, dia kemudian pergi dari kediamannya di Elsmore Road ke distrik Fallofield yang berjarak hampir 5 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.