Kompas.com - 22/05/2017, 06:02 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara, Senin (22/5/2017), menyatakan sukses meluncurkan sebuah misil balistik jarak menengah dan senjata itu kini tengah disiapkan untuk keperluan militer.

Menurut kantor berita Korea Utara KCNA, sang pemimpin Kim Jong Un menyaksikan langsung peluncuran misil, sekaligus menyetujui pengembangan sistem persenjataan itu.

Baca: Korea Utara Ancam Gelar Uji Coba Misil Sepekan Sekali

KCNA menambahkan, misil yang diuji coba itu adalah Pukguksong-2, versi darat misil kapal selam yang pernah diuji coba Pyongyang.

Misil Puksukgong-2 ini menggunakan bahan bakar padat sehingga bisa ditembakkan dalam waktu singkat.

"Kini data taktis dan teknisnya sudah sesuai permintaan Partai, misil jenis ini harus segara diproduksi massal untuk mempersenjatai pasukan strategis KPA," ujar Kim seperti dikutip KCNA.

Misil, yang digambarkan Washington memiliki daya jelajah menengah itu, diluncurkan dari provinsi Pyongan Selatan dan terbang sejauh 500 kilometer sebelum mendarat di Laut Jepang.

Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan bersama-sama mengecam uji coba itu dan meminta DK PBB menggelar pertemuan darurat membahas masalah ini.

Uji coba misil ini hanya berselang sepekan setelah Korea Utara menembakkan misil Hwasong-12 yang menurut Pyongyang mampu mencapai jarak 800 kilometer dan mengangkut hulu ledak nuklir.

Baca: Korea Utara Tembakkan Misil Balistik dari Kapal Selam

Para pengamat mengatakan, Hwasong memiliki daya jelajah yang lebih jauh dibanding misil-misil balistik lain Korea Utara sebelumnya.

Peluncuran Hwasong juga membawa Korea Utara selangkah lebih dekat dalam upayanya membangun misil balistik antarbenua (ICBM) yang mampu membawa hulu ledak nuklir ke Amerika Serikat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.