Kompas.com - 03/05/2017, 19:25 WIB
EditorPascal S Bin Saju

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas, dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, akan mengadakan pertemuan yang pertama kalinya di Gedung Putih, Rabu (3/5/2017) waktu setempat.

Minggu lalu, Trump mengatakan, ia tidak melihat alasan mengapa perjanjian damai antara Israel dan Palestina tidak bisa dicapai.

Kata Presiden Abbas, suatu perjanjian damai yang bersejarah untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung puluhan tahun, kemungkinan bisa dicapai di bawah pemerintahan Presiden Trump.

Namun, para pejabat Palestina mengatakan, Abbas hanya memiliki harapan sederhana untuk pertemuan itu.

Salah satu target Abbas dalam pertemuan itu adalah untuk mendengarkan rencana Trump guna menghidupkan kembali perundingan damai yang macet.

Dennis Ross, pejabat yang terlibat langsung dalam usaha perdamaian itu di masa lalu, mengatakan, tujuan Abbas ke Washington DC adalah untuk menunjukkan bahwa ia masih mempunyai peran besar untuk mencapai perdamaian, dan tanpa dia akan sulit dicapai kemajuan dalam perundingan.

Kelompok Fatah yang menguasai Tepi Barat, mengatakan, pimpinannya menghadapi tantangan kuat dari kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.