Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Bakal Pecat Para Inspektur Umum, Kubu Demokrat Bereaksi

Kompas.com - 01/02/2017, 06:57 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Kubu Partai Demokrat di Komite Pemantau Parlemen Amerika Serikat menuntut penjelasan dari Gedung Putih.

Tuntutan tersebut terkait informasi yang menyebut bahwa Presiden Donald Trump akan memecat sejumlah inspektur umum dari jabatan mereka.

Inspektur umum adalah pengawas internal yang melakukan audit terhadap badan-badan federal, serta menyelidiki kesalahan berdasarkan keluhan yang muncul.

Jabatan tersebut seharusnya non-partisan, meskipun sekitar setengah dari 70-an inspektur umum dipilih oleh Presiden, dan sisanya ditunjuk oleh kepala kantor. 

Kader Partai Demokrat Elijah Cummings dari Maryland, dan Gerald Connolly dari Virginia mengatakan, awal bulan ini pejabat di kantor Trump telah menghubungi tak kurang dari delapan inspektur umum.

Kedelapan inspektur umum itu mendapat informasi bahwa jabatan mereka bakal segera diakhiri, dan disarankan untuk mulai mencari pekerjaan lain.

Belakangan muncul kabar bahwa ancaman pemecatan itu telah ditarik, di tengah keluhan dari para anggota parlemen, dan juga para inspektur umum.

Namun, menurut Cummings dan Connolly, belum ada pernyataan resmi dari kantor Trump yang mengonfirmasi bahwa hal itu memang terjadi.

Cummings adalah adalah anggota Demokrat pada panel pengawasan.

Mereka mendesak Penasihat Gedung Putih Donald McGahn untuk memberi konfirmasi secara tertulis bahwa Trump tidak memiliki rencana untuk memecat para inspektur umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com