Kompas.com - 24/11/2016, 21:59 WIB
EditorErvan Hardoko

PARIS, KOMPAS.com - Sejumlah anggota sel Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang ditangkap akhir pekan lalu di Perancis berencana untuk menyerang Disneyland Paris dan Champ Elysees pada 1 Desember mendatang.

Sebanyak tujuh orang tersangka yang berasal dari Perancis, Maroko, dan Afganistan ditangkap di kota Strasbourg dan Marseilles dalam serangkaian penggerebekan pada Sabtu (18/11/2016).

Menteri dalam negeri Bernard Cazeneuve dalam jumpa pers mengatakan, penangkapan itu adalah buah dari pengawasan selama delapan bulan.

Kelompok ini juga berencana menyerang pusat dinas kontra-intelijen, markas kepolsian, dan gedung mahkamah agung yang letaknya berdekatan.

Sejumlah sumber kepolisian mengatakan, target dan waktu serangan diperoleh dari informasi yang ditemukan di dalam sebuah telepon pintar.

Sumber-sumber keamanan Perancis membenarkan beberapa tersangka memang pernah bertempur di Suriah dan terkait dengan serangan teror November 2015 yang menewaskan 130 orang.

Penangkapan itu dipicu "keresahan" kelompok ini yang sedang menunggu pengiriman senjata.

Dalam penggerebekan itu, polisi menemukan dua pistol, satu pucuk senapan otomatis, sepucuk pistol otomatis, dan bahan-bahan propaganda.

Sejak awal tahun ini, aparat keamanan Perancis sudah menangkap 418 orang yang diduga terkait dengan jaringan teror.

Khusus sepanjang November, kepolisan sudah menangkap sebanyak 43 orang tersangka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.