Kompas.com - 02/10/2016, 15:47 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

ROMA, KOMPAS.com - Marino Riccardi III dan Fabio Berardi II dilantik menjadi Dwi Kepala Negara Republik San Marino untuk masa jabatan 1 Oktober 2016–31 Maret 2017.

Pelantikan dilakukan para 1 Oktober 2016 kemarin, di pusat Kota San Marino.

Duta Besar RI untuk San Marino yang berkedudukan di Roma, Italia, August Parengkuan, turut hadir dan memberikan ucapan selamat.

Hadir pula 21 duta besar negara lainnya yang terakreditasi untuk San Marino.

Negara Republik San Marino merupakan negara yang sangat unik. Kepala negaranya dipilih Parlemen dua kali setahun untuk masa jabatan yang singkat yaitu enam bulan.

Masa jabatan tersebut dimulai dari 1 April–30 September untuk tahun yang sama dan 1 Oktober-31 Maret untuk periode berikutnya.

Mengingat singkatnya masa jabatan tersebut, beberapa mantan kepala negara berkesempatan terpilih kembali menjadi kepala negara pada periode-periode berikutnya.

San Marino merupakan negara enclave yang terletak di semenanjung Italia sebelah timur laut.

Wilayah negara ini termasuk dalam lima negara dengan luas wilayah paling kecil di dunia dengan total penduduk 32.000 jiwa (data tahun 2016).

Baca: Manakah Negeri Terkecil di Dunia? Ini Daftarnya...

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.