Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manakah Negeri Terkecil di Dunia? Ini Daftarnya...

Kompas.com - 02/09/2016, 18:42 WIB

KOMPAS.com - Dari hampir 200 negara yang ada di dunia ini, tak semuanya "layak" disebut negara jika dilihat dari luas wilayahnya.

Beberapa negara di dunia, khususnya yang ada di dalam daftar berikut ini, hanya memiliki wilayah kurang dari separuh ibu kota Jakarta yang memiliku luas sekitar 660 kilometer persegi. Negara mana saja itu?

10. Malta

Malta adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri atas tujuh negara yang terletak di Laut Tengah. Meski memiliki tujuh pulau tetapi luas negara ini secara keseluruhan hanya 316 kilometer persegi.

Dari ketujuh pulau itu hanya tiga yang berpenghuni yaitu Malta, Gozo dan Cominel.
Negeri ini hanya memiliki populasi kurang dari 450.000 jiwa sekaligus menjadikannya salah satu negara terpadat di dunia.

9. Maladewa

Kepulauan ini terletak di Samudera Hindia dan terdiri dari 1.900 pulau tetapi hanya 200 pulau saja yang berpenghuni.

Meski memiliki 1.900 pulau Maladewa hanya memiliki luas wilayah 298 kilometer persegi dengan populasi sekitar 393.000 jiwa.

Maladewa sudah dihuni manusia sejak abad ke-5 sebelum masehi. Bangsa Portugis, Belanda dan Inggri sudah bergantian menjajah negeri ini sejak abad ke-16 sebelum merdeka pada 1965.

8. Saint Kitts and Nevis

Negeri kepulauan ini terletak di Lautan Karibia dan mulai diketahui keberadaannya ketika Christoforus Kolombus tiba di tempat ini pada 1498.

Inggris tiba di kepulauan ini pada 1623 yang kemudian disusul Perancis pada 1627. Alhasil kedua negara ini memperbutkan St Kitts and Nevis selama hampir satu abad, hingga Inggris resmi berkuasa pada 1723 hingga negeri ini merdeka pada 1983.

Kepulauan dengan wilayah selyas 261 kilometer persegi ini berpenduduk hampir 52.000 jiwa dan dikenal dengan pantai yang indah, lembah yang hijau dan iklim yang nyaman.

Negeri mungil ini menggantungkan perekonomiannya dari perkebunan gula dan industri wisata.

7. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall di Samudera Pasifik terdiri atas ratusan pulau kecil yang tersambung dengan 29 karang atol.

Namun, 68.000 penduduk negeri ini hanya tinggal di 24 pulau saja. Spanyol, Jerman, Inggris, Jepang dan AS bergantian menduduki kepulauan ini hingga merdeka pada 1986.

Perekonomian negeri ini ditunjang industri kerajinan tangan, kopra, pengolahan ikan dan wisata.

6. Liechtenstein

Liechtenstein adalah negeri kerajaan kecil di Pegunungan Alpen di antara Swiss dan Austria. Negeri ini hanya memiliki wilayah seluas 160 kilometer persegi dengna populasi 37.000 orang.

Meski kecil, negeri ini sangat makmur dengan pendapatan per kapita mencapai 25.000 dolar AS, sehingga Liechtenstein termasuk negeri terkaya di dunia.

Selain kaya, angka pengangguran di Liechtenstein juga sangat kecil, yaitu hanya 1,5 persen dari seluruh jumlah penduduknya.

Industri utama negeri ini adalah baja, keramik, produk-produk dental dan elektronika serta pariwisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com